Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo
Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo

Subsidi Gaji Termin II Sudah Cair, Kok Ada yang Tidak Dapat?

Ekonomi Kemenaker Stimulus Ekonomi Imbas Korona
Annisa ayu artanti • 10 November 2020 15:53
Jakarta: Pemerintah memastikan subsidi gaji termin kedua mulai cair pada Senin, 9 November 2020. Namun tidak semua pekerja atau buruh yang sebelumnya mendapatkan bisa kembali memperolehnya.
 
Kok bisa? Apa yang menyebabkan pekerja tak bisa mendapatkan kembali subsidi gaji?
 
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan jumlah penerima subsidi gaji pada termin kedua akan berkurang dari total penerima pada termin pertama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu lantaran pada penyaluran bantuan subsidi gaji termin kedua ini harus melalui evaluasi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dan berdasarkan rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
Selain itu, penerima bantuan subsidi gaji yang masuk dalam golongan wajib pajak dipastikan tidak memperoleh bantuan pemerintah ini.
 
"Kami memadankan data program ini dengan data wajib pajak dari Dirjen Pajak (DJP) karena di peraturan menteri itu mereka dengan upah di bawah Rp5 juta (yang memperoleh bantuan)," jelas Ida pada Jumat, 6 November 2020 lalu.
 
Kemarin, Ida pun memastikan pembayaran bantuan subsidi gaji termin kedua mulai disalurkan. Sebanyak 2,18 juta orang calon penerima telah diproses di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).
 
"Selanjutnya akan ditransfer ke Bank Penyalur dan dicairkan ke masing-masing rekening penerima baik rekening Himbara maupun non-Himbara sama dengan mekanisme termin pertama," katanya.
 
Lebih lanjut, Ida memastikan, pihaknya terus berupaya mempercepat proses penyaluran bantuan subsidi upah bagi para pekerja di termin II ini.
 
"Kami upayakan dalam satu minggu bisa diproses dua tahap langsung, sehingga dapat segera diterima teman-teman pekerja/buruh untuk membantu daya beli dan konsumsi masyarakat," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif