Ilustrasi produk pertanian - - Foto: dok MI
Ilustrasi produk pertanian - - Foto: dok MI

Produk Pertanian Topang Peningkatan Ekspor di September 2020

Ekonomi pertanian ekspor BPS berita kementan pandemi covid-19
Ilham wibowo • 15 Oktober 2020 14:41
Jakarta: Produk pertanian kembali menopang kinerja ekspor Indonesia periode September 2020. Ekspor produk pertanian tercatat mencapai USD14,01 miliar selama pandemi covid-19.
 
"Ekspor produk pertanian pada September 2020 meningkat 20,84 persen dibandingkan Agustus 2020, disumbang oleh peningkatan ekspor sayur-sayuran," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2020.
 
Selama September 2020, kata Suhariyanto, nilai ekspor pertanian tercatat sebesar USD41 juta. Jumlah tersebut naik 16,22 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (yoy).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenaikan sektor pertanian sebesar 16,2 persen itu disebabkan kenaikan ekspor untuk beberapa komoditas seperti sarang burung, udang hasil tangkapan, sayuran, cengkeh dan juga lada hitam," paparnya.
 
Capaian ekspor pertanian RI selama pandemi juga tercatat masih lebih baik dibandingkan ekspor pertambangan yang tercatat minus 35,97 persen (yoy). Sementara pertumbuhan ekspor industri pengolahan pun sejauh ini baru mampu tumbuh 6,61 persen (yoy).
 
"Kenaikan ekspor pertanian konsisten ini diiringi share dari pertambangan yang menurun mengakibatkansharedari pertanian pelan-pelan naik," ujarnya.
 
Meski tumbuh, nilai dan volume ekspor pertanian masih punya ruang yang besar untuk meningkatkan pencapaian. Sejauh ini, kontribusi pertanian terhadap total ekspor Indonesia secara keseluruhan masih berada di angka 2,95 persen.

 
"Kalau share pertanian terhadap total ekspor kita pada September 2019 itu baru sebesar 2,5 persen, pada September 2020 ini meningkat menjadi 2,95 persen, kita berharap ekspor pertanian ini akan semakin baik," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif