Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. FOTO: MI/SUSANTO
Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. FOTO: MI/SUSANTO

B20 Indonesia Siap Dorong Inovasi dan Investasi yang Inklusif

Eko Nordiansyah • 25 Mei 2022 11:44
Jakarta: Forum Business 20 (B20) mengajak seluruh investor untuk berinvestasi di Indonesia, karena pemerintah kini fokus untuk mendukung berbagai inovasi bisnis. Pemerintah juga mendorong bisnis yang inklusif sehingga berorientasi pada kepentingan sosial.
 
B20 merupakan forum dialog bisnis dari G20 yang terdiri atas pemimpin bisnis dari seluruh dunia. Dalam Indonesia Pavilion, B20 mengadakan sesi Indonesia Business dan Investment Forum dengan menghadirkan panelis dari kalangan pengusaha.
 
Ketua umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan ada tiga hal yang menjadi fokus dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, yaitu akses kesehatan yang akuntabel, transisi energi hijau, serta pertumbuhan inklusif dalam rangka mendorong transformasi digital ekonomi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berdasarkan apa yang kita bicarakan hari ini, transisi hijau yang lebih menantang hari ini dengan situasi ketegangan Rusia dan Ukraina. Di sini lah kita harus duduk bersama lagi, untuk mengatakan bagaimana kita bisa melewati tantangan ini," kata dia, dalam keterangan resminya, Rabu, 25 Mei 2022.
 
Chair of B20 Indonesia Shinta Kamdani menyampaikan, B20 tidak hanya dari negara G20 namun juga di luar itu. Sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia 'Recover Together, Recover Stronger', tema B20 adalah 'Advancing Innovative, Inclusive, and Collaborative Growth'.
 
"Indonesia akan terus mendorong B20 untuk memberikan dukungan terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tujuan kami jelas adalah memberikan rekomendasi kebijakan dan juga proyek yang dapat menjadi warisan sebagaimana didorong oleh pemerintah," jelas Shinta.
 
Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie mengingatkan pentingnya memanfaatkan momentum Presidensi G20 Indonesia tahun ini. Indonesia memiliki banyak potensi yang dapat ditawarkan terutama di sektor energi terbarukan.
 
"Kami mengundang semua rekan-rekan untuk datang ke Bali menghadiri Investasi dan Bisnis B20, karena Indonesia memiliki berbagai macam kekayaan yang mendorong pada industri hijau," ajak Anindya.
 
CEO of GoTo Group William Tanuwijaya menyampaikan dukungannya terhadap transformasi ekonomi digital. Menurut William, saat dunia menghadapi krisis akibat pandemi, maka tercipta terobosan-terobosan baru, seperti digitalisasi perdagangan.

 
"Saat dihadapkan dengan tantangan terbesar ini sebenarnya mengubah pemikiran pelaku bisnis digitalisasi adalah hal baik untuk mereka, sehingga dapat menjangkau konsumen yang sebelumnya tidak bisa mereka jangkau," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif