PLN menyediakan tambahan fitur 'Marketplace PLN Mobile' dalam aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) binaan memasarkan hasil produknya ke pelanggan. Total omzet para mitra UMK yang memanfaatkan platform yang telah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile ini pun mencapai lebih dari Rp4 miliar.
Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PLN, Agus Yuswanta, mengatakan selama ini PLN hanya memberikan pendampingan dan modal saja bagi para mitra binaan, tetapi dengan adanya fitur marketplace ini PLN juga memberikan wadah pemasaran bagi para mitra binaan untuk menjual dan mempromosikan produknya.
"Mitra binaan PLN rata-rata berasal dari daerah yang jauh dari perkotaan dan minim teknologi. Penjualannya pun terbatas karena kurangnya media promosi dan pemasaran sehingga perlu kita bantu dan dorong untuk bergabung dalam marketplace ini," kata Agus dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 Juni 2022.
UMK yang telah memanfaatkan fitur marketplace untuk memasarkan produknya pun beragam. Mulai dari kerajinan dengan omzet yang terkumpul senilai Rp619,5 juta. Sementara untuk fesyen, omzet yang dihasilkan senilai Rp521,3 juta dan untuk produk food and beverage menghasilkan omzet senilai Rp2,8 miliar.
Agus pun mengajak dan mendorong para UMK binaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN untuk bergabung dalam marketplace ini, sehingga akan meningkatkan penjualan UMK binaan yang juga dapat meningkatkan keuntungan.
"Harapannya setelah mereka tergabung, penjualannya akan semakin besar dan luas, sehingga keuntungan pun meningkat," ujar Agus.
Agus menambahkan, dengan terintegrasinya marketplace ini dengan PLN Mobile, masyarakat atau pelanggan bisa langsung berbelanja untuk ikut membantu pemberdayaan UMKM sambil memenuhi kebutuhan listriknya karena PLN mengadakan program bundling salah satunya program diskon tambah daya PLN dengan pembelian produk di marketplace.
Fitur marketplace pada aplikasi PLN Mobile mulai di-launching pada acara Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Fest Tahun 2021 yang ditujukan untuk mendukung UMK binaan PLN Group baik dari unit PLN, anak perusahaan, Rumah BUMN, hingga Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN yang merupakan wadah bagi para pegawai PLN dalam menyisihkan zakat profesi yang dikeluarkan setiap bulannya yang hingga saat ini jumlah yang telah tergabung sebanyak 221 UMK setelah melalui proses kurasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News