Menteri Perdagangan Agus Suparmanto - - Foto: dok Kemendag
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto - - Foto: dok Kemendag

Mendag Lepas Ekspor Produk Tekstil

Ekonomi industri tekstil Kementerian Perdagangan ekspor tekstil
Ilham wibowo • 15 Agustus 2020 18:31
Bandung: Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto melepas ekspor produktechnical textilemilik PT Ateja Tritunggal. Selama kuartal II-2020, ekspor tekstil ini mencapai 11 juta meter ke 84 negara di seluruh dunia.
 
"Covid-19 membuat banyak perusahaan mengubah strategi produk ekspor ataupun strategi fokus pasar mereka. Ada pula yang memanfaatkan penelitian dan pengembangan untuk menguatkan daya saing produk mereka,” kata Agus melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 15 Agustus 2020.
 
Agus mengungkapkan Ateja Tritunggal berhasil mempertahankan prestasi ekspor produktechnical textile, terutama di masa pandemi. Hal ini didukung oleh kebijakan relaksasi percepatan ekspor melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 57 Tahun 2020 tentang Ketentuan Ekspor Bahan Baku Masker, Masker, dan Alat Pelindung Diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Contohnya, selama kuartal II-2020 PT Ateja Tritunggal telah berhasil mengekspor 11 juta meter technical textile ke 84 negara di seluruh dunia. Hal ini capaian yang perlu kita pertahankan," tuturnya.
 
Agus menambahkan adaptasi dunia usaha di masa pandemi dapat dilakukan lewat inovasi dan diversifikasi produk ekspor. Contohnya memenuhi kebutuhan global produk-produk seperti masker dan alat pelindung diri (APD) yang sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).
 
“Kebijakan ini dibuat untuk mendorong ekspor APD buatan Indonesia yang berkualitas dunia, sehingga berkontribusi terhadap pasar APD global. Dengan catatan, kebutuhan dalam negeri telah tercukupi. Kebijakan ini telah dimanfaatkan oleh PT Ateja Tritunggal,” paparnya
 
Senior Director Ateja Tritunggal Benny Judihardjo menyebut produk tersebut memiliki peluang pasar yang masih besar. Apalagi pemerintah merelaksasi kebijakan ekspor melalui restitusi PPN yang dipercepat dan pengurangan cicilan PPh 25.
 
"Kebijakan ini membantu aliran keuangan perusahaan. Kami juga mengharapkan ada relaksasi tambahan seperti pengurangan suku bunga bank untuk investasi serta penyederhanaan birokrasi izin ekspor dan proses ekspor,” kata Benny.

 
Adapun Ateja Tritunggal merupakan produsen dan eksportir produk technical textile yang telah memasok industri di dalam dan luar negeri. Atas kontribusinya dalam kinerja ekspor TPT, Ateja Tritunggal dianugerahi Penghargaan Primaniyarta pada 2007 yang khusus diberikan pemerintah kepada eksportir berprestasi.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif