Jagung. Foto : MI/Bagus Suryo.
Jagung. Foto : MI/Bagus Suryo.

Gorontalo Utara Targetkan Produksi Jagung Lampaui 10 Ton/Ha

Ekonomi jagung
Antara • 09 Agustus 2020 08:25
Gorontalo: Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara menargetkan produksi jagung mencapai di atas 10 ton per hektare (ha).
 
"Dengan pola tanam yang baik serta pengembangan bibit jagung yang tepat, kita perlu optimistis dapat mencapai target tersebut," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara Ridwan Yasin di Gorontalo, dikutip dari Antara, Minggu, 9 Agustus 2020.
 
Hal itu diungkapkan Ridwan di hadapan para kelompok petani di wilayah Kecamatan Sumalata Timur dan Sumalata yang merupakan kantong produksi jagung di kabupaten tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, kata dia, petani masih menggunakan beragam bibit jagung, namun dengan pemanfaatan bibit seragam yang tepat pada musim tanam selanjutnya, diharapkan dapat memudahkan pendampingan dalam upaya meningkatkan produksi.
 
Pemerintah daerah pun, kata dia, berencana mengalokasikan anggaran bantuan bibit untuk para petani jagung.
 
Di samping terus mendukung upaya pendampingan melalui kerja sama di bidang pertanian, termasuk memanfaatkan keahlian Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan di bidang penangkaran bibit berkualitas.
 
Pemerintah daerah akan menggerakkan para penyuluh pertanian untuk memberi pendampingan progresif bagi para petani.
 
Agar dapat menerapkan protokol penanaman yang tepat, mulai dari penyiapan lahan, penggunaan bibit hingga perawatan areal tanam. Sebab, dengan protokol yang tepat, produksi yang dihasilkan dapat sesuai harapan.
 
Jika saat ini, produksi jagung ada di kisaran 6,5 ton hingga delapan ton per hektare, ke depan ditargetkan dapat menembus di atas 15 ton per hektare.
 
"Kita bahkan boleh bermimpi dapat mencapai produksi 35 ton per hektare sama seperti produksi jagung di luar negeri. Untuk mewujudkannya, diperlukan komitmen dan kerja keras yang tinggi," ucapnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif