Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI
Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI

Tiga Syarat Jadi Penumpang Lion Air Selama Pandemi Covid-19

Ekonomi Virus Korona lion air
Annisa ayu artanti • 09 Mei 2020 10:27
Jakarta: Maskapai Lion Air Group menegaskan tidak sembarang orang bisa berpergian menggunakan maskapai tersebut di saat pandemi covid-19. Jika mengacu pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 maka terdapat tiga kriteria orang yang berhak terbang menggunakan Lion Air semasa pandemi.
 
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menyebutkan ketiga kriteria tersebut adalah orang yang berpergian karena tugas dan bekerja pada lembaga pemerintah, orang yang berpergian karena merupakan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat, dan repartiasi migran Indonesia yang pulang dengan alasan khusus.
 
Tak hanya itu, Danang menjelaskan, sebelum berpergian calon penumpang harus menunjukkan beberapa dokumen seperti menunjukan hasil negatif covid-19 berdasarkan hasil rapid test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) Test, menunjukan identitas dan surat tugas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selan itu, menunjukkan dokumen pendukung lainnya seperti rencana perjalanan bagi pekerja, surat rujukan bagi pasien atau surat keterangan meninggal untuk izin mengunjungi.
 
Sedangkan untuk mahasiswa dan migran Indonesia harus menunjukan surat keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BPPMI) atau surat keterangan dari perwakilan RI di luar negeri dan menunjukkan surat keterangan dari universitas atau sekolah untuk mahasiswa dan pelajar.
 
"Calon penumpang wajib melengkapi dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan yang dibutuhkan serta mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri, termasuk menggunakan masker sebagaimana diberlakukan dalam aturan dimaksud," kata Danang, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu, 9 Mei 2020.
 
Mengenai operasional, Danang mengatakan, Lion Air Group telah menyiapkan seluruh penerbangan berdassarkan ketentuan yang berlaku seperti aspek keamanan, keselamatan udara, standar operasional prosedur, dan melakukan protokol kesehatan covid-19.
 
"Lion Air Group mempersiapkan semua armada Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO, Airbus 320-200NEO, Airbus 330-300CEO, Airbus 330-900NEO, ATR 72-500 dan ATR 72-600, yang akan dioperasikan menurut kebutuhan. Seluruh pesawat menjalani prosedur pemeliharaan dan perawatan," sebutnya.
 
Terhitung mulai pengoperasian kembali Lion Air Group di Tanah Air, lanjut Danang, terdapat penyesuaian terminal keberangkatan dan kedatangan sebagai berikut:
1. Penerbangan domestik Lion Air dari Terminal 1A pindah ke Terminal 2E Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
2. Penerbangan internasional Lion Air, Batik Air, Malindo Air dan Thai Lion Air dari Terminal 2F pindah ke Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
3. Penerbangan domestik Batik Air dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma pindah ke Terminal 2E (layanan Batik Air tetap di Terminal 2E).
4. Untuk penerbangan di kota atau distrik lainnya yang tidak diatur dalam surat edaran tersebut, tetap beroperasi sesuai operasional di masing-masing bandar udara.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif