NEWSTICKER
Ilustrasi - - Foto: dok MI
Ilustrasi - - Foto: dok MI

Kemendag Pastikan Impor Bawang Putih Bebas RIPH

Ekonomi Virus Korona Impor Bawang Putih
Ilham wibowo • 25 Maret 2020 17:08
Jakarta: Pemerintah memutuskan untuk menghapus aturan izin impor bawang putih dan bawang bombai dalam menghadapi darurat penyebaran wabah virus korona di Tanah Air. Kebijakan ini membebaskan importir tanpa perlu memenuhi Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dari Kementerian Pertanian (Kementan).
 
Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto mengatakan keputusan ini sudah disepakati oleh lintas kementerian. Pasalnya, pasokan stok kedua komoditas tersebut harus segera tersedia agar harga tetap stabil.
 
"Untuk memberikan pencerahan masyarakat, kami pada 24 Maret 2020 dipimpin langsung deputi Kemenko Perekonomian melakukan rapat bersama dengan unsur Kementan dan Datgas pangan, yang artinya telah mencapai kesepakatan," kata Sunanto dalam konferensi video di Jakarta, Rabu, 25 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam rapat itu, Kementan melalui Badan Karantina menyepakati untuk tetap memeriksa aspek kualitas produk hortikultura dari negara asal sebelum beredar di pasar Indonesia. Langkah ini dipercaya bakal mempercepat prosedur impor dengan tetap mengedepankan keamanan dan kesehatan pangan.
 
"Kepala Badan Karantina mengatakan bahwa prosedur karantina untuk impor produk bawang putih dan bawang bombai yang dilakukan dalam rangka keamanan pangan tanpa persyaratan izin rekomendasi impor produk hortikultura yang selama ini dikenal sebagai RIPH," paparnya.
 
Lebih lanjut, kata Suhanto, pihaknya telah menerbitkan regulasi yang tertuang dalam Permendag 27/2020 tentang perubahan atas Permendag 44/2019 yaitu tentang impor produk hortikultura. Impor produk bawang putih dan bawang bombai tidak lagi memerlukan izin impor.
 
"Kemendag dan Satgas Pangan sudah pantau seluruh gudang importir memastikan tidak ada unsur masyarakat melakukan penimbunan," ujarnya.
 
Saat ini stok bawang putih untuk Ramadan sangat diperlukan lantaran harga terus melonjak. Dari total 150 ribu ton izin impor bawang putih yang dikeluarkan pada 9 Maret 2020, baru 11 ribu ton yang masuk ke Tanah Air.
 
"Bawang putih sudah mengalami penurunan harga secara rata-rata nasional Rp42.300 per kilogram, menurut kami itu masih relatif tinggi sehingga kami memberikan relaksasi impor untuk komoditi bawang putih dan bawang bombai," ucapnya.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif