Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Home Credit Intip Peluang Penyaluran Pembiayaan di Momen Ramadan

Eko Nordiansyah • 21 Maret 2024 22:55
Jakarta: Perusahaan pembiayaan PT Home Credit Indonesia (Home Credit) mendorong penyaluran pembiayaan di momen ramadan ini. Apalagi ramadan juga merupakan momen yang paling menarik bagi masyarakat Indonesia untuk berbelanja pada kuartal I-2024.
 
Chief Marketing & Digital Officer Home Credit Sheldon Chuan mengatakan hasil riset yang dibuat oleh tim Market Research Home Credit menunjukkan bahwa 80 persen responden menganggap ramadan adalah momen yang paling menarik untuk belanja, lebih tinggi dibandingkan dengan imlek (11 persen), hari valentine (lima persen) dan pemilu (empat persen).
 
Dalam riset yang sama, responden juga mengungkapkan bahwa mereka memiliki sejumlah rencana di bulan ramadan. Rencana tersebut antara lain bepergian (32 persen), membuka bisnis baru (31 persen), membeli pakaian baru (27 persen), dan membeli sejumlah barang seperti smartphone, gadget, furniture, laptop atau komputer dan sebagainya (22 persen). 

"Home Credit terus berkomitmen untuk membuka kesempatan-kesempatan baru bagi masyarakat Indonesia melalui penyediaan aneka layanan keuangan berupa pembiayaan barang hingga pembiayaan tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 21 Maret 2024.
 
Ia menyebut, barang seperti smartphone, gadget, laptop hingga membuka bisnis baru menjadi alasan masyarakat mengakses pembiayaan. Bahkan Home Credit memiliki promo menarik berupa bunga nol persen dan bebas satu kali cicilan untuk pembiayaan smartphone serta tablet.
 
Baca juga: BI: Penyaluran Kredit Baru Perbankan Berpotensi Meningkat

Genjot literasi

Selain itu, Home Credit juga berbagi kepada masyarakat dalam bentuk makanan berbuka puasa dan buku saku literasi keuangan kepada 2.500 penerima manfaat di momen ramadan tahun ini. Untuk penyaluran makanan tersebut dilakukan di 35 kota/kabupaten di Indonesia.
 
"Kegiatan ini mempertegas komitmen kami terhadap aspek sosial di Indonesia yang sejalan dengan implementasi nilai-nilai ESG yang diterapkan oleh perusahaan sejak beroperasi di Indonesia pada 2013," ungkapnya.
 
Sheldon menjelaskan, buku saku literasi keuangan bertajuk “Let’s DoIT Cerdas” ini merupakan rangkuman kelas keuangan yang rutin diselenggarakan oleh Home Credit melalui berbagai saluran seperti media sosial atau kelas-kelas di berbagai tempat seperti universitas dan komunitas. 
 
Dari buku ini, masyarakat dapat mengenal dan belajar mengenai literasi keuangan dasar seperti penganggaran, dana darurat, investasi hingga pengelolaan cicilan. Pada 2023, Home Credit telah menjangkau lebih dari enam juta orang melalui berbagai program literasi keuangan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan