Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pemerintah Didorong Bikin Regulasi Komprehensif Rokok Elektrik

M Sholahadhin Azhar • 02 Agustus 2022 01:09
Jakarta: Pemerintah didorong membuat regulasi rokok elektrik (vape) secara komprehensif, baik untuk sistem terbuka dan tertutup. Ketua Aliansi Vaper Indonesia (AVI), Johan Sumantri, menyebut aturan komprehensif bakal mengoptimalisasi industri terkait.
 
“Harapan kami tentunya vape closed system dapat terus berkembang dan dapat menjadi jendela masuk para perokok yang ingin beralih ke produk yang berpotensi lebih rendah risiko," kata Johan melalui keterangan tertulis, Selasa, 2 Agustus 2022.
 
Menurut Johan, regulasi komprehensif tak hanya mengoptimalisasi produksi, tapi menciptakan ekosistem yang kondusif. Khususnya, bagi penanaman modal untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua produk ini, kata dia, diharapkan bisa tumbuh bersama-sama. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan industri produk tembakau alternatif secara menyeluruh.
 
"Baik sistem terbuka maupun sistem tertutup memiliki segmentasinya masing-masing dan dapat terus berjalan beriringan,” kata Johan.
 

Baca: Regulasi Pertembakauan Diminta Tidak Merugikan Konsumen


Di sisi lain, CEO Upods Aryo Andrianto membeberkan potensi pendapatan pemerintah dari produksi vape sistem tertutup. Dia membeberkan market share vape sistem tertutup mencapai USD8 miliar di pasar global pada 2021. Meningkat pesat ketimbang 2017 di bawah USD5 miliar.
 
Adanya peningkatan tren tersebut, kata dia, berpotensi menggenjot ekspor lebih besar. Sehingga, dapat mendorong penyerapan investasi, tenaga kerja, dan penggunaan bahan baku lokal dalam proses produksinya. 
 
“Kami berharap vape closed system bisa menjadi pendorong industri vape Tanah Air agar lebih maju, dengan tetap berdampingan dengan UMKM di Indonesia agar industri ini terjaga stabilitasnya," ujar Aryo.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif