Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto: Medcom.id
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto: Medcom.id

Bahlil: RI dan Singapura Kuasai Penyebaran Investasi di ASEAN!

Despian Nurhidayat • 26 September 2022 16:09
Jakarta: Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan penyebaran investasi di negara ASEAN hanya dikuasai oleh dua negara, yakni Singapura dan Indonesia. Hal ini menandakan investasi belum merata di kawasan negara ASEAN.
 
"Saya tidak ingin ASEAN hanya sebagai organisasi yang dimanfaatkan oleh satu dua negara saja. Karena penyebaran investasi di ASEAN ini ada di Singapura dan Indonesia FDI (Foreign Direct Investment/PMA)-nya. Sekalipun kita nomor dua, kita merasa tidak adil hanya dua negara ini saja. Harus dilakukan penyebaran," ungkapnya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Investasi, Jakarta, Senin, 26 September 2022.
 
Lebih lanjut, Bahlil menambahkan dalam pertemuan Kementerian Investasi negara ASEAN yang berlangsung di Kamboja beberapa waktu lalu, pihaknya menegaskan bahwa negara berkembang di ASEAN harus diberikan ruang yang cukup untuk dimaksimalkan dalam rangka meningkatkan sumber daya alam yang mengarah pada nilai tambah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya menekankan keberadaan ASEAN tidak boleh dinikmati oleh negara tertentu saja. Tapi kerja sama untuk maju dan sejahtera bersama," tegas Bahlil.
 
Baca juga: Bahlil Sebar Insentif untuk Dorong Hilirisasi Mineral

 
Dia menekankan dalam pertemuan itu, Indonesia mengajak negara ASEAN untuk membangun konsolidasi. Hal ini dikatakan penting mengingat tantangan yang terjadi di dunia saat ini sangat pelik.
 
"Saya sampaikan sangat penting kolaborasi antar negara ASEAN untuk menghadapi tantangan dari wilayah lain karena kita tahu perang sekarang bukan soal mencaplok kawasan, tapi juga ekonomi," tuturnya.
 
Bahlil juga berjanji dirinya akan membawa aspirasi negara ASEAN dalam pertemuan G20 khususnya terkait dengan investasi.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif