Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok Kementerian BUMN

Erick Thohir Bentuk Holding PLN Tahun Depan

Ekonomi BUMN Listrik PLN Holding BUMN Kementerian BUMN Erick Thohir
Antara • 10 Mei 2022 10:27
Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir berencana membentuk holding dan subholding PT PLN (Persero) pada tahun depan. BUMN yang bergerak di sektor kelistrikan ini diharapkan tak sekadar menjual listrik.
 
"Holding dan subholding PLN rencananya tahun ini akan virtual dulu, sebelum kita dorong benar-benar menjadi holding dan subholding pada tahun depan," ujar Erick Thohir dikutip Selasa, 10 Mei 2022.
 
Dengan dibentuknya holding dan subholding PLN, Erick ingin kinerja perusahaan setrum tersebut lebih terdigitalisasi dan memberikan nilai tambah kepada negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena memang kabel-kabel yang sekarang dimiliki oleh PLN memiliki nilai tambah atau value added sendiri, yang kita bisa lakukan tentu membantu daripada penetrasinya dalam digitalisasi," terangnya.
 
Ia menambahkan, pembangkit listrik atau power plant milik PLN nantinya tak lagi dikelola sendiri oleh BUMN tersebut melainkan lebih terstruktur agar potensi energi terbarukan RI seperti hydropower, sinar matahari, angin, dan panas bumi dapat dikembangkan secara optimal.

 
"Kenapa juga banyak negara melihat potensi energi terbarukan di Indonesia, ini salah satu yang kita mau sama-sama rajut tapi bukan berdiri sendiri. PLN tetap akan fokus pada transmission dan juga return daripada listriknya secara baik, serta tentu ini kita dorong apakah namanya digitalisasi dalam pelayanan kepada masyarakat supaya tepat sasaran," tambahnya.
 
Menurut Erick, holding dan subholding PLN mirip dengan Pertamina dengan tujuan menyehatkan perusahaan dan tidak saling tergantung. Selain itu, juga tidak ada tumpang tindih antara pembangkit dengan PLN Batubara yang merupakan anak usaha PLN untuk menyediakan batu bara berkualitas dalam penyediaan energi listrik.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif