Menteri Perdagangan M Lutfi. Foto: MI/Abdullah
Menteri Perdagangan M Lutfi. Foto: MI/Abdullah

Saat Ditunjuk Jadi Mendag, M Lutfi Sedang Tugas di Jakarta

Ekonomi Reshuffle Kabinet Kementerian Perdagangan M.Lutfi
Husen Miftahudin • 23 Desember 2020 11:59
Jakarta: Muhammad Lutfi tak menyangka akan diberi kepercayaan kembali sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) oleh Presiden Joko Widodo. Padahal, sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS), Lutfi ke Jakarta hanya untuk menjalankan tugasnya.
 
"Saya sebagai Dubes RI di AS sedang melaksanakan tugas kembali ke Jakarta dan sempat melaporkan ke Presiden pada Kamis," cerita Lutfi usai dilantik menjadi Mendag di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Desember 2020.
 
Usai melaporkan tugasnya kepada Presiden, Lutfi pun pamit untuk kembali ke Negeri Paman Sam. Saat mau berangkat, Lutfi ditelepon Jokowi. Ia diminta untuk menunda keberangkatan sampai Jumat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumat saya diinfo Bapak Presiden akan memberi kepercayaan untuk memimpin Kemendag, dan Selasa dipanggil ke Istana," ungkapnya.
 
Menjadi Mendag memang bukan jabatan baru bagi Lutfi. Namun ia mengakui bahwa penunjukannya kali ini merupakan tantangan berat karena ekonomi global dalam tren pelemahan imbas meluasnya dampak pandemi covid-19.
 
"Seperti kita tahu bahwa situasi perekonomian dunia pada saat ini adalah mungkin yang terlemah dari seluruh aspek, baik itu kesehatan, daya beli, pengangguran, dan aspek-aspek yang lain," beber dia.
 
Meskipun demikian, Lutfi punya langkah jitu untuk mendongkrak perekonomian domestik. Suami dari Bianca Adinegoro ini bakal serius untuk menggenjot daya saing produk lokal di kancah global.
 
Lutfi memastikan bahwa barang Indonesia punya kesempatan untuk berkompetisi secara global. Maka itu, penting bagi barang dan produk-produk domestik 'touch up' agar dilirik eksportir global dan bisa berkompetisi di pasar dunia.
 
Selain itu, Lutfi juga punya jurus jitu lainnya agar sektor perdagangan domestik berkilau di tengah pandemi, yakni dengan memastikan arus barang berjalan baik. Langkah ini merupakan bagian penting untuk memulihkan daya beli masyarakat.
 
"Ini adalah bagian untuk kepercayaan kepada masyarakat untuk segera memulihkan daya beli. Dan ini merupakan agenda utama yang saya laksanakan pada waktu yang singkat ini," pungkas Lutfi.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif