Bandara Soetta. Foto: Medcom.id
Bandara Soetta. Foto: Medcom.id

Seluruh Bandara Bisa Tiru Soetta Terapkan Prosedur Baru Kedatangan Penumpang Internasional

Ekonomi angkasa pura ii bandara soetta Satgas Covid-19
Suci Sedya Utami • 03 Mei 2021 14:53
Jakarta: Satgas Udara Penanganan Covid-19 bersama PT Angkasa Pura II (Persero) dan stakeholder terkait menetapkan prosedur baru kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).
 
Melalui prosedur baru yang dijalankan sejak 30 April 2021, penumpang dari luar negeri yang tiba di Bandara Soetta akan melalui sembilan check point untuk memproses kedatangan.
 
Ketua Satgas Penanganan covid-19 Doni Monardo menuturkan, prosedur baru ini merupakan suatu langkah yang solutif untuk memastikan persyaratan-persyaratan kedatangan internasional dapat dipenuhi oleh seluruh penumpang pesawat dari luar negeri. Ia pun meminta bandara lainnya untuk mencontoh prosedur tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya minta semua bandara lain yang menerima kedatangan PMI (Pekerja Migran Indonesia) dan WNA meniru Bandara Soekarno-Hatta (terkait prosedur kedatangan penumpang internasional)," ujar Letjen TNI Doni dalam keterangan resmi, Senin, 3 Mei 2021.
 
Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan pihaknya siap mendukung fasilitas untuk menjalankan prosedur ini di bandara-bandara lain yang dikelola AP II.
 
"Fasilitas lokasi dan sebagainya kami siapkan di gedung terminal bagi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) untuk memvalidasi dokumen kesehatan penumpang, lalu fasilitas pendataan penumpang oleh Polresta Bandara, serta fasilitas-fasilitas lainnya," kata Agus.
 
Adapun sembilan check point dalam prosedur baru yang harus dilewati penumpang di terminal kedatangan sebagai berikut:
 
1. Penumpang mengisi data diri dan penerbangan melalui aplikasi Hotel Reservation di area kedatangan internasional.
2. Pemeriksaan dokumen kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes).
3. Pendataan penumpang internasional terkait lokasi karantina.
4. Penumpang menjalani proses keimigrasian.
5. Penumpang mengambil bagasi di baggage claim area.
6. Penumpang menjalani proses kepabeanan.
7. Penumpang melakukan registrasi di Help Desk Hotel untuk proses karantina.
8. Penumpang kembali menjalani pendataan identitas diri dan lokasi karantina yang dilakukan oleh Polresta Bandara.
9. Penumpang dijemput bus untuk menuju lokasi karantina dengan konsep single pick up point. Bus yang boleh menjemput hanya yang sudah ditunjuk.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif