Ilustrasi. Foto: AFP
Ilustrasi. Foto: AFP

Pemerintah Tawarkan 4 Wilayah Kerja Migas, Ini Rinciannya

Annisa ayu artanti • 23 November 2022 18:40
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka Penawaran Wilayah Kerja Migas Tahun 2022. Penawaran Wilayah Kerja kali ini terdiri dari penawaran langsung dan lelang reguler.
 
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan pemerintah mengundang badan usaha dan bentuk usaha tetap yang bergerak pada industri hulu minyak dan gas bumi yang memiliki kemampuan keuangan dan teknis, mampu memenuhi syarat minimum komitmen pasti, memenuhi syarat dan ketentuan pokok lelang wilayah kerja, serta memiliki kinerja dan track record yang baik untuk dapat berpartisipasi pada lelang wilayah kerja migas konvensional 2022.
 
Tutuka menyebut pemerintah terus bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk melakukan perbaikan dalam pengelolaan industri migas dengan harapan akan meningkatkan investasi pada kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sektor migas.
 
Baca juga: SKK Migas Bidik Sumber Daya Migas di 1.050 Sumur Eksplorasi Baru 

"Perbaikan yang dilakukan berupa penyempurnaan ketentuan fiskal, pengaturan insentif serta penyempurnaan syarat dan ketentuan dalam pelelangan Wilayah Kerja Migas agar lebih menarik bagi investor," ujar Tutuka dikutip dari laman Kementerian ESDM, Rabu, 23 November 2022.
 
Adapun empat Wilayah Kerja Migas yang dilelang adalah Wilayah Kerja Sangkar di daratan dan lepas pantai Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lalu Wilayah Kerja Bunga berlokasi di lepas pantai Jawa Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian Wilayah Kerja Migas Peri Mahakam yang berlokasi di offshore dan onshore Kalimantan Timur. Lalu, Wilayah Kerja Migas Bose di offshore dan onshore East Nusa Tenggara.
 
Peserta lelang wilayah kerja migas harus melakukan minimum komitmen pasti yaitu G2G, akuisisi dan processing seismik serta satu sumur eksplorasi.
 
Tutuka menekankan Indonesia masih memiliki potensi migas yang melimpah untuk mendukung kebutuhan energi di Indonesia.
 
"Dengan pengumuman pemenang, lelang wilayah kerja, dan penandatanganan kontrak kerja sama ini menjadi indikator bagi para investor industri hulu minyak dan gas bumi Indonesia masih menarik, sehingga dapat mendorong peningkatan iklim investasi pada kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi Indonesia," jelasnya.
 
Adapun jadwal dari Lelang WK Migas Konvensional 2022 adalah sebagai berikut:
 
A. Lelang Penawaran Langsung
 
Akses bid dokumen: 23 November 2022-6 Januari 2023.
Batas waktu pemasukan dokumen partisipasi: 10 Januari 2023.
 
B. Lelang Reguler
 
Akses bid dokumen: 23 November 2022-22 Maret 2023.
Batas waktu pemasukan dokumen partisipasi: 24 Maret 2023.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif