Chief Executive Officer and Founder Fine Creative Leonardus William Lingga mengatakan, usahanya membangun sebuah agency untuk membantu UMKM. Apalagi saat pandemi covid-19 pada 2020 lalu memberikan dampak ekonomi yang dirasakan oleh para pelaku UMKM di Indonesia.
Ia bersama teman-temannya mendirikan Fine Creative, dengan tujuan membangun citra atau branding UMKM yang menjadi jantung dari UMKM itu sendiri melalui strategi-strategi teranyar. Salah satu program yang rutin dilakukan tiap minggu ialah program Rombak Gerobak yang diperuntukkan bagi UMKM kecil.
"Kegiatan ini kita lakukan tepatnya setiap seminggu. Kita kumpulkan beberapa UMKM yang ada kriterianya. Gerobak-gerobak kita bantu marketing secara gratis, bahkan ada beberapa client yang benar-benar kita treat sebagai client," ujar dia dalam keterangan di Jakarta, Rabu, 27 Desember 2023.
Leonardus menjelaskan, program ini cukup berhasil membantu para UMKM yang sebelumnya sepi pembeli menjadi lebih ramai. Ia pun mengaku senang dapat membantu para UMKM ini menjangkau lebih banyak orang lewat promosi-promosi yang dilakukan.
Selain itu, Leonardus memaparkan bagaimana pihaknya membantu pelaku UMKM dengan giveaway free marketing. Caranya dengan membuatkan konten gratis yang kemudian disebarkan di kanal-kanal sosial media seperti Instagram dan TikTok dengan strategi yang bagus dan konten sesuai target.
Baca juga: Produk Organik Bakal Jadi Komoditas Ekspor Potensial di 2024 |
Leonardus mengungkapkan, Fine Creative tidak seperti digital agency pada umumnya. Menurutnya, orang-orang yang tergabung dalam Fine Creative merupakan orang-orang yang memiliki kapabilitas di bidangnya, khususnya di dunia branding.
"Jadi ya keuntungannya karena kita ada basic marketing yang kuat dan cukup fokus di branding karena banyak banget agency yang cuma sekedar bikin konten saja. Kalau kita, di konten kita tuh ada branding, memang kita menitikberatkan pada branding dalam sebuah brand atau bisnis dari client," ujar dia.
Ke depannya, ia berharap, pelaku UMKM dapat memfokuskan branding sebagai salah satu strategi, karena hal ini merupakan bagian penting dalam berbisnis. Menurutnya, UMKM akan diuntungkan jika mampu menampilkan branding yang sesuai dengan target pasar mereka demi kelangsungan usaha.
"Jadi branding itu yang membuat bisnis sustainable yang bisa berjangka panjang di branding-nya ini. Dan membangun brand ini butuh waktu, butuh konsistensi, butuh tools marketing yang kuat dan mungkin harapan kita dengan kita bantu bisa lebih terarah, lebih konsisten dan lebih terbentuk brand-nya," jelas nya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News