Jokowi memerintahkan jajarannya menganalisis sektor dan subsektor yang mengalami kontraksi akibat covid-19. Foto: MI/Ramdani
Jokowi memerintahkan jajarannya menganalisis sektor dan subsektor yang mengalami kontraksi akibat covid-19. Foto: MI/Ramdani

Jokowi Minta Sektor Terkontraksi Diperhatikan

Ekonomi inflasi bansos joko widodo virus corona
Theofilus Ifan Sucipto • 06 Mei 2020 12:53
Jakarta: Tingkat inflasi Indonesia pada April 2020 sebesar 0,08 persen. Angka itu disebut paling rendah dibanding tahun-tahun sebelumnya.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar 2,84 persen dan pengeluaran pemerintah 3,74 persen menjadi lokomotif pertumbuhan.
 
“Inflasi 0,08 persen ini sangat rendah bila dibandingkan pada periode bulan Ramadan pada tahun-tahun sebelumnya,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, Jokowi meminta konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga (LNPRT) diperhatikan. Sebab, sektor tersebut mengalami kontraksi hingga minus 4,91 persen.
 
“Ini betul-betul dilihat secara detail,” tegas Kepala Negara.
 
Jokowi juga memerintahkan agar jajarannya menganalisis sektor dan subsektor yang mengalami kontraksi. Setelah itu dia meminta ada stimulus yang tepat sasaran.
 
Berdasarkan data Jokowi, ada subsektor yang mengalami kontribusi negatif pertumbuhan. Angka itu tercatat selama kuartal pertama 2020.
 
Jokowi menyebut sektor pangan mengalami minus 0,31. Dia mengimbau berhati-hati karena Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) telah mengingatkan adanya krisis pangan.
 
“Artinya sektor pertanian harus digenjot agar berproduksi namun dengan protokol kesehatan,” ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.
 
Selain itu, kontribusi angkutan udara, pertambangan, minyak, gas, dan panas bumi minus 0,08 persen. Industri barang logam komputer minus 0,07 persen, serta penyediaan akomodasi; dan industri mesin dan perlengkapan masing-masing minus 0,03 persen.
 
Guna mengatasinya, Jokowi memerintahkan penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah dipercepat. Selain itu dana desa dan program padat karya harus dipastikan berjalan.
 
“Minggu-minggu ini harus dipastikan sudah jalan di lapangan. Bansos diterima masyarakat, padat karya berjalan di lapangan,” tegas dia.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif