Unilever Gandeng Perusahaan Pelayaran Terapkan Digital Logistik. Foto: dok SPIL.
Unilever Gandeng Perusahaan Pelayaran Terapkan Digital Logistik. Foto: dok SPIL.

Unilever Gandeng Perusahaan Pelayaran Terapkan Digital Logistik

Ekonomi logistik pelayaran unilever indonesia
Ade Hapsari Lestarini • 24 Agustus 2020 19:11
Jakarta: PT Unilever Indonesia Tbk menggandeng salah satu perusahaan pelayaran logistik di Indonesia, PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) yang bergerak di bidang Information Technology (IT) untuk melakukan Application Programming Interface (API) Connection.
 
Kedua perseroanmenghubungkan dua sistem dari masing-masing perusahaan demi mendapatkan manfaat yang saling menguntungkan. Salah satu tujuan utama yang diharapkan adalah peningkatan efisiensi dalam hal pengiriman barang.
 
Logistics Digital Lead Unilever Indonesia Joko Purnomo menjelaskan API connection adalah suatu langkah penting untuk memastikan kecepatan dan akurasi informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam melihat status pengiriman yang menggunakan jasa PT SPIL.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"API connection menghubungkan platform monitoring kami yaitu DIGILOG dengan platform PT SPIL yaitu SPILDEX. Melalui koneksi ini kami bisa mendapatkan akurasi data dan real time update terkait ATD, ATA, ATB, FXD, dan empty return. Tak hanya itu, kami juga dapat melihat real time vessel position serta visibility terhadap perhitungan storage dan demurrage sebagai bagian dari total unplanned cost. Tentunya dengan penambahan fitur ini, operational pengiriman menjadi lebih efisien," ujar Joko, dalam keterangan resminya, Senin, 24 Agustus 2020.
 
Sejak 2017 lalu, PT SPIL menjadi perusahaan pelayaran logistik berbasis teknologi yang memelopori digitalisasi di industri pelayaran lokal dengan diluncurkannya aplikasi mySPIL. Saat ini aplikasi tersebut telah menjadi platform utama bagi customer untuk melakukan transaksi di PT SPIL.
 
Secara agresif perusahaan pelayaran dengan lebih dari 40 cabang yang tersebar di Indonesia itu terus melakukan inovasi digital logistic platform. Melalui produk SPILDEX yang di khususkan untuk segmen korporasi, mitra akan mendapatkan informasi lebih cepat, akurat, dan customize sesuai yang dibutuhkan.
 
Kemudahan layanan yang diberikan oleh SPILDEX membuat mitra PT SPIL terbantu dalam hal pengiriman produk. Tak hanya perusahaan FMCG, perusahaan di bidang Food & Beverage dan Oil & Gaspun merasakan kemudahan saat pengiriman barang.
 
"Kami terbuka dan siap bekerja sama dengan perusahaan lain yang tertarik pada Supply Chain Visibility dengan penggunaan SPILDex. Adanya dukungan tim IT dan Development yang andal, digital logistic platform ini akan mempermudah dalam proses pengiriman untuk kedua belah pihak," pungkas Senior Strategic Development & Implementation PT SPILSuriadi Taslim.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif