Menteri Perdagangan M Lutfi. Foto: MI/Abdullah
Menteri Perdagangan M Lutfi. Foto: MI/Abdullah

Mendag: Pelantikan Joe Biden Angin Segar bagi Indonesia

Ekonomi indonesia-as joe biden M.Lutfi
Annisa ayu artanti • 11 Januari 2021 18:15
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi menilai pelantikan presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden pada 20 Januari 2021 akan menjadi angin segar bagi Indonesia. Ia mengatakan demikian lantaran pemerintahan AS nantinya akan mengalami pergeseran partai Republik ke Partai Demokrat.
 
Joe Biden disebut memiliki beberapa fokus berbeda dengan masa pemerintahan Donald Trump. Biden akan membawa AS kembali mengikuti climate change dan Paris Agreement.
 
"Beliau (Biden) mengatakan bahwa Amerika Serikat akan kembali mengikuti Paris Agreement untuk masalah climate change," kata Lutfi dalam konferensi pers Trade Outlook 2021 secara virtual, Senin, 11 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, Joe Biden juga akan mengutamakan kembali perjanjian dagang multilateral. Sebelumnya, pada pemerintahan Donald Trump, perjanjian-perjanjian negeri Paman Sam lebih banyak adalah perjanjian bilateral.
 
"Jadi ini adalah sesuatu yang baru dalam tiga tahun berikut bahwa beliau akan kembali ke sana," ucapnya.
 
Dari dua rencana besar Biden tersebut, mantan duta besar Indonesia untuk AS itu menilai akan membawa angin segar bagi Indonesia. Sebab, Indonesia sebagai negara yang tengah bertransformasi menjadi negara maju akan menyambut baik dan akan mengikuti tren global yang ada, termasuk perkembangan AS.
 
"Kita memang dalam transformasi menjadi negara yang mengekspor barang industri, dan barang industri berteknologi tinggi, ini akan menjadi angin segar bagi Indonesia. Karena multilateralisme itu menjanjikan sesuatu yang adil dan baik bagi pertumbuhan, terutama perjanjian dagang," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif