Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Tembus Target, Realisasi Investasi 2021 Capai Rp901,02 Triliun

Ekonomi realisasi investasi Bahlil Lahadalia Kementerian Investasi
Eko Nordiansyah • 27 Januari 2022 14:12
Jakarta: Kementerian Investasi mencatat realisasi investasi sepanjang 2021 mencapai Rp901,02 triliun. Dengan begitu, realisasi investasi ini mencapai target yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo yaitu sebesar Rp900 triliun atau 101,1 persen.
 
"Realisasi Januari sampai Desember kita mencapai Rp901,02 triliun. Artinya kita melampaui target dari perintah Bapak Presiden kepada kami sebesar Rp900 triliun," kata Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam video conference, Kamis, 27 Januari 2022.
 
Ia mengakui, tercapainya target realisasi investasi ini bukanlah hal yang mudah. Apalagi tahun lalu perekonomian masih dihadapkan dengan situasi pandemi, bahkan ada PPKM Darurat di Juli-Agustus akibat kenaikan kasus covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini enggak gampang memang, ini jujur saya katakan enggak gampang. Kami harus membuat strategi-strategi di luar kelaziman. Capaian ini adalah 104 persen dari target RPJMN tapi capaian dari target Presiden menjadi 101 persen," ungkapnya.
 
Adapun penyerapan tenaga kerja dari realisasi investasi ini mencapai 1.207.893 orang, Namun Bahlil memperkirakan masih ada tenaga kerja tidak langsung yang ikut terserap antara tiga hingga empat kali lipat sehingga totalnya bisa mencapai lima juta orang.
 
Sementara jika dirinci, ia menyebut, realisasi investasi selama 2021 terdiri dari Rp447 triliun atau 49,6 persen Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), sedangkan Rp454 triliun atau 50,4 persen lainnya berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA).
 
"Harus kita akui foreign direct investment kita bagus. Ini sentimen positif dari asing terhadap implementasi dari Undang-Undang Cipta Kerja, dan tren ini harus kita jaga," pungkas dia.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif