Menteri Pertanian (Mentan)  Syahrul Yasin Limpo. Foto : Kementan.
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto : Kementan.

Mentan Sebut Industri Penggilingan Punya Prospek Menjanjikan

Ekonomi padi mentan
Ilham wibowo • 22 Juli 2020 15:54
Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan)  Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa industri penggilingan padi maupun sektor pertanian secara umum memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Bahkan ketika banyak sektor lain terdampak akibat pandemi, bisnis di sektor pertanian justru tetap menguntungkan.
 
"Saya selalu mengatakan, Indonesia bisa menang melawan pandemi covid-19 melalui pertanian. Dalam kondisi apapun, semua orang tetap butuh makan. Bisnis pertanian termasuk penggilingan memiliki prospek yang sangat baik," kata Syahrul melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 22 Juli 2020.
 
Menurut Syahrul, pihaknya akan segera merevitalisasi penggilingan padi agar kuantitas dan kualitas beras yang dihasilkan punya standar tinggi. Penggunaan mesin yang memadai pun bisa mendorong meningkatnya harga jual gabah lantaran beras yang dihasilkan lebih banyak berada di level premium.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua penggilingan harus berputar lebih kuat lagi karena hasil pertanian kita tidak hanya dibutuhkan dalam negeri, tapi juga luar negeri,” ujarnya.
 
Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Sutarto Alimoeso mengatakan bahwa fasilitas KUR untuk mempercepat revitalisasi penggilingan bisa dimanfaatkan pelaku usaha mikro dan kecil. Berdasarkan data Perpadi, saat ini mayoritas pelaku industri penggilingan padi masih di level rendah.
 
Adapun pelaku industri penggilingan padi skala mikro memiliki ciri hanya melibatkan satu hingga empat orang tenaga kerja. Sementara pelaku skala kecil melibatkan lima sampai 19 tenaga kerja.
 
"Diperlukan revitalisasi terhadap manajemen, konfigurasi dan kelengkapannya. Industri ini juga membutuhkan permodalan dan akses pasar yang terintegrasi," tuturnya.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif