Yandizar Erisma Sembiring pemilik toko SRC Yandi, Bogor, saat dekorasi toko kelontong SRC miliknya.
Yandizar Erisma Sembiring pemilik toko SRC Yandi, Bogor, saat dekorasi toko kelontong SRC miliknya.

UMKM Diharap Tetap Produktif di Tengah Pandemi

Ekonomi ritel UMKM Indonesia
Medcom • 30 Agustus 2020 13:56
Jakarta: Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) diharap terus produktif di tengah pandemi covid-19. Mereka harus mampu beradaptasi pada kebiasaan baru agar tidak terpuruk.
 
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyerukan kepada masyarakat agar berperan aktif dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Teten berharap komunitas Toko Kelontong Masa Kini yang tergabung dalam program kemitraan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menjadi contoh UMKM di Indonesia.
 
“Bagi seluruh toko kelontong dan UMKM di Indonesia jangan menyerah. Tetap kibarkan semangat, dengan sikap gotong-royong. Bulan-bulan berlalu, keringat dan air mata kita rasakan, tapi satu yang selalu menjadi harapan, UMKM untuk Indonesia Maju,” kata Teten, Minggu, 30 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur PT SRCIS Henny Susanto mengatakan pihaknya menggelar program #SRCKibarkanSemangat untuk menyebarkan semangat positif kepada UMKM Indonesia agar dapat melewati masa sulit.
 
“Kami berupaya memberikan dampak positif bagi UMKM melalui pendampingan berkelanjutan. Termasuk di masa pandemi,” kata Henny.
 
Dalam program #SRCKibarkanSemangat Toko Kelontong SRC berkolaborasi dengan UMKM binaan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang memproduksi Kerupuk Semangat edisi khusus peringatan HUT ke-75 RI yang tersedia di lima kota, mulai dari Karawang, Cianjur, Surabaya, Pematang Siantar dan Yogyakarta.
 
Henny mengatakan semangat kebersamaan dan gotong-royong diwujudkan melalui berbagai
kegiatan seperti dekorasi toko bernuansa merah putih. Gerakan menghias toko secara
serentak ini memecahkan rekor dunia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori
‘Lomba Menghias Toko Kelontong dengan Nuansa Merah Putih Terbanyak’.
 
SRC juga menyemarakkan peringatan kemerdekaan melalui tantangan digital KRUPFIE (Kerupuk Selfie) hingga promo paket merdeka (pamer) yang tersedia di lebih dari 120 ribu tokok kelontong SRC seluruh Indonesia.
 
“Harapannya dengan #SRCSebarkanSemangat, seluruh UMKM khususnya yang tergabung dalam SRC tetap produktif dengan beradaptasi pada kebiasaan baru,” kata Henny.
 
(FZN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif