MoU antara AP I dan PT Gudang Garam Tbk - - Foto: Medcom/ Suci Sedya
MoU antara AP I dan PT Gudang Garam Tbk - - Foto: Medcom/ Suci Sedya

Gudang Garam Gandeng Angkasa Pura I Bangun Bandara Kediri

Ekonomi gudang garam angkasa pura 1
Suci Sedya Utami • 10 Maret 2020 18:57
Jakarta: PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I bakal menjadi pengelola Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara AP I dan PT Gudang Garam Tbk.
 
Gudang Garam akan menjadi investor atau pihak swasta yang mendanai pembangunan Bandara Kediri dengan nilai investasi Rp6 triliun sampai Rp9 triliun. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi bersama Direktur Gudang Garam Istata T. Siddharta.
 
"Kami sangat antusias dapat menuangkan suatu rencana kerja sama yang baik antara Angkasa Pura I dengan Gudang Garam terkait pengelolaan Bandara Dhoho di Kediri di Jawa Timur," kata Faik di Pelataran Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Angkasa Pura I sebagai pemilik lisensi badan usaha bandar udara (BUBU) dari Kementerian Perhubungan akan bekerja sama dengan Gudang Garam melalui Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) berdasarkan prakarsa oleh badan usaha (unsolicited), serta berkomitmen menjadikan Bandara Dhoho sebagai bagian dari multi-airport system di wilayah Jawa Timur untuk melayani pertumbuhan lalu lintas penumpang (passenger traffic).

 
Faik menjelaskan Bandara Kediri direncanakan menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan menjadi gerbang alternatif menuju Jawa Timur selain Bandara Juanda Surabaya. Di 2019, tercatat Bandara Juanda telah melayani lebih dari 16,6 juta penumpang dengan trafik pesawat mencapai 129 ribu pergerakan pesawat dan kargo mencapai 88,4 juta kilogram.
 
Pembangunan Bandara di Kediri sangat potensial karena dapat menjadi alternatif penerbangan setelah Bandara Juanda di Jawa Timur. Maka seiring dengan perkembangan dan potensi tersebut, bandara di Kediri dapat menjadi alternatif atau gerbang kedua di wilayah Jawa Timur. Terutama dapat membuka area ke wilayah Tulung Agung, Blitar, Ponorogo, Trenggalek, Madiun, Magetan, dan lain-lain.
 
"Jawa Timur membutuhkan kapasitas yang lebih besar, karena keterbatasan kapasitas di Bandara Juanda. Kita enggak ada rencana unuk mengembangkan di tempat yang sama (Bandara Juanda). Jadi ini konsep multi-airport system. Pembangunan Bandara Dhoho Kediri sangat potensial karena dapat menjadi alternatif penerbangan setelah Bandara Internasional Juanda di Jawa Timur," tutur Faik.
 
Bandara Dhoho di Kediri itu rencananya akan dibangun di Desa Grogol, Kecamatan Grogol dan Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Jarak Desa Grogol ke Pusat Kota Kediri sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.
 
Sementara jarak dari Bandara Juanda Sidoarjo sekitar 120 km dengan waktu tempuh 1,5 hingga dua jam perjalanan via jalan tol. Sedangkan jarak dari Bandara Abdurahman Saleh Malang sekitar 87 km dengan waktu tempuh perjalanan darat tiga hingga empat jam.

 
Pada tahap awal, Bandara Kediri direncanakan akan dibangun seluas 13.558 meter persegi dari luas total lahan bandara hampir 400 hektare dengan dimensi runway 2.400 meter x 45 meter untuk kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun dan akan meningkat hingga lima juta penumpang.
 
Istata mengatakan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Bandara Kediri akan dilakukan di pertengahan April 2020. Target pembangunannya yakni selama dua tahun. Namun Istata bilang medan yang akan dibangun bandara tersebut tidaklah mudah.
 
"Maka kalau sampai meleset dari target yang penting kualitas bandaranya bagus. Timing penting tapi kualitas jauh lebih penting," tutur Istata.
 
Adapun progres pembebasan lahan saat ini yang tersisa di bawah satu persen. Dari 280 hektare lahan yang dibutuhkan, dua hektare masih belum diselesaikan pembebasannya karena menyangkut harga yang masih belum cocok.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif