"Di 2022 ini target kita 1,1 juta lapangan pekerjaan baru dan akan terus mendorong hingga 4,4 juta lapangan pekerjaan di 2024 melalui pemberdayaan UMKM," ucapnya, saat menghadiri acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022, di Tangerang, dilansir dari Antara, Senin, 18 Juli 2022.
Ia mengatakan dalam mewujudkan target tersebut diperlukan adanya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah serta seluruh pemangku kepentingan lainnya. Oleh karena itu, dengan adanya program AKI ini diharapkan mampu mendapatkan apresiasi dunia hingga mendorong terwujudnya 4,4 juta lapangan kerja baru.
"Tapi kita tidak boleh lengah karena ancaman krisis pangan krisis energi ada di depan mata kita. Kita harus bersama-sama bergandengan tangan memastikan bahwa solusi-solusi yang kita berikan adalah sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya.
Baca: Airlangga: Potensi Indonesia Alami Resesi Kecil |
Selain itu, ia menyampaikan, AKI 2022 ini diharapkan menjadi salah satu upaya pengembangan sektor ekonomi kreatif dalam meningkatkan kapasitas produk dan inovasi digital, sehingga kedepannya dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
"Atas nama Kemenparekraf kami sangat optimistis dan penuh harapan bahwa produk UMKM lokal kita akan bersaing dan nanti kita bisa mengurangi pengangguran di Indonesia," ujarnya.
Dalam acara AKI yang diselenggarakan di wilayah Kabupaten Tangerang tersebut, Menparekraf Sandiaga menyoroti potensi UMKM lokal dari sektor makanan dan minuman untuk naik kelas. Produk makanan dan minuman lokal dinilai memiliki potensi besar untuk dijual ke berbagai wilayah di dalam hingga ke luar negeri.
"Saya tadi melihat masing-masing dari 27 yang ada mereka produknya semakin tinggi kualitasnya dan semakin terdigitalisasi dan semakin memiliki variasi yang semakin sesuai yang menjadi kebutuhan masyarakat," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News