Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Foto: MI/Nurul Hidayah.
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Foto: MI/Nurul Hidayah.

Hore.. Bandara Kertajati Bakal Beroperasi dan Layani Umrah November Ini!

Insi Nantika Jelita • 20 September 2022 15:32
Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono menyampaikan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, bersiap melayani penerbangan komersial pada November nanti.
 
Diakuinya memang sejak pandemi, penerbangan komersial penumpang di bandara ini secara bertahap berkurang, dan saat ini melayani penerbangan untuk kargo saja. Sehingga terlihat sepi penumpang.
 
"Rencananya juga bandara ini digunakan untuk melayani penerbangan umrah," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa, 20 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya terus mengupayakan agar para maskapai kembali membuka rute-rute penerbangan untuk melayani penumpang dari dan menuju Kertajati.
 
Apalagi, tambah Isnin, dengan hadirnya rencana operasional jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) pada Oktober 2022, akan membantu pemulihan lebih cepat di Bandara Kertajati. Jalan tol memungkinkan perjalanan dari Bandung ke Kertajati hanya dalam satu jam saja.
 
Baca juga: Horee! Kemenhub Bakal Subsidi Motor Listrik untuk Percepatan Penggunaan Massal

 
Isnin kemudian menyampaikan pada Juni 2022, lalu lintas penerbangan domestik maupun internasional sudah mencapai rata-rata 70 persen jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi atau di 2019. Dengan rincian, lalu lintas penerbangan domestik mencapai 81 persen dan lalu lintas penerbangan internasional mencapai 65 persen
 
"Kita ketahui, pandemi membuat pergerakan pesawat, jumlah penumpang dan kargo di semua bandara mengalami penurunan yang signifikan," ucapnya.
 
Selain Bandara Kertajati, Isnin juga soal kondisi Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta. Dengan adanya penutupan sementara Bandara Halim ini, berdampak kepada sejumlah rute penerbangan pesawat propeller dari Halim menuju bandara-bandara lainnya seperti Ngloram, JB. Soedirman, dan Wiriadinata.
 
Penutupan sementara bandara pada Maret-Agustus 2022 dilakukan untuk keperluan revitalisasi bandara untuk menjaga keselamatan penerbangan. Selain itu, Bandara Halim juga dipersiapkan untuk pelayanan event Presidensi G20 Indonesia.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif