Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. Foto: Medcom.id.
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. Foto: Medcom.id.

Masa Pandemi, RI-Tiongkok Bekerja Sama Mitigasi Kesehatan dan Ekonomi

Ekonomi Kementerian Perdagangan indonesia-tiongkok
Nia Deviyana • 14 Januari 2021 17:20
Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menuturkan Indonesia dan RRT sepakat membentuk Working Group on Trade (WGT) untuk menjalin dan meningkatkan perdagangan bilateral kedua negara.
 
"Pada masa pandemi, Indonesia dan RRT bekerja sama dalam melakukan mitigasi kesehatan dan ekonomi, termasuk dalam pengadaan vaksin,"  ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis, 14 Januari 2021.
 
Bio Farma saat ini bekerja sama dengan Sinovac untuk mengadakan vaksin yang sudah dimulai vaksinasinya. Sedangkan dalam perdagangan, Indonesia dan RRT tetap menjaga arus barang dan jasa sebagai bagian dari mitigasi ekonomi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini sesuai dengan seruan Indonesia di berbagai forum internasional agar sistem yang terbuka tetap dipertahankan sehingga semua negara bisa berkolaborasi dalam mengatasi pandemi," imbuhnya.
 
Sebelumnya, Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang telah ditandatangani pada 15 November 2020 juga diharapkan mampu memberikan peluang bagi kedua negara dalam meningkatkan volume perdagangan.
 
Total nilai perdagangan Indonesia-RRT periode Januari-November 2020 mencapai USD63,39 miliar. Nilai ekspor nonmigas Indonesia ke RRT pada periode tersebut mencapai USD26,61 miliar atau meningkat 12,79 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019 dengan nilai USD23,59 miliar.
 
Komoditas utama ekspor nonmigas Indonesia ke RRT adalah besi baja, minyak kelapa sawit, dan batu bara.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif