Tiongkok. Foto : AFP.
Tiongkok. Foto : AFP.

Konsumen Tiongkok Mulai Bangkit pada September 2020

Ekonomi konsumen tiongkok
Arif Wicaksono • 20 Oktober 2020 13:31
Beijing: Konsumen Tiongkok meningkatkan pengeluaran mereka pada September. Hal ini merupakan tanda pemulihan ekonomi yang semakin kuat di tengah penahanan efektif epidemi covid-19 di dalam negeri.
 
"Penjualan eceran barang konsumen naik 3,3 persen tahun ke tahun di bulan September, dengan pertumbuhan lebih lanjut meningkat setelah pengukur konsumsi utama membukukan pertumbuhan positif pertama tahun ini di Agustus dengan naik 0,5 persen tahun ke tahun," demikian menurut data yang dirilis Senin oleh National Biro Statistik (NBS), dikutip dari Xinhua, Selasa, 20 Oktober 2020.
 
Indikator naik 0,9 persen tahun ke tahun di kuartal ketiga tahun ini, pertumbuhan triwulanan positif pertama tahun ini. Nilai penjualan mobil meningkat 11,2 persen tahun ke tahun di September sekaligus mempertahankan pertumbuhan dua digit selama tiga bulan berturut-turut. Kepala Analis di China Minsheng Bank Wen Bin mengatakan penjualan mobil telah memberikan dorongan besar bagi penjualan konsumen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juru bicara NBS Liu Aihua mengatakan belanja konsumen menyumbang 1,7 poin persentase untuk pertumbuhan ekonomi kuartal III-2020, yang meningkat 4,9 persen. Itu naik pesat dibandingkan penurunan sebesar 2,3 persen pada pertumbuhan di triwulan ke-2.
 
Dalam tiga kuartal pertama, penjualan ritel barang-barang konsumen turun 7,2 persen tahun ke tahun menjadi 27,33 triliun yuan (sekitar USD4,08 triliun), dengan penurunan menyempit sebesar 4,2 poin persentase dari paruh pertama tahun ini.
 
Khususnya, belanja online tumbuh 9,7 persen untuk periode Januari-September, lebih cepat dari kenaikan 7,3 persen yang tercatat di paruh pertama dalam setahun. Penjualan online barang fisik, yang menyumbang 24,3 persen dari total penjualan eceran, melonjak 15,3 persen dalam setahun sebelumnya.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif