Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan . Foto : Medcom.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan . Foto : Medcom.

Luhut Dukung Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Liga Selancar Dunia

Ekonomi luhut panjaitan banyuwangi
Antara • 30 Juli 2020 10:29
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung Banyuwangi yang akan menjadi tuan rumah Liga Selancar Dunia (World Surf League/WSL) yang rencananya diselenggarakan pada Juli 2021.
 
"Nantinya kita juga mau dukung G-land karena untuk WSL di Juli tahun depan. Kita masih ada waktu sekitar satu tahun untuk mempersiapkan itu dan kita berharap pada waktu itu covid-19 sudah lebih berkurang sehingga lebih banyak orang yang datang ke Indonesia," katanya dikutip dari Antara, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Banyuwangi juga tengah bersiap menjadi tuan rumah WSL di mana Pantai Plengkung atau lebih dikenal dengan nama G-land yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan dijadikan sebagai lokasi WSL 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ombak Pantai Plengkung memiliki ketinggian mencapai 6-8 meter dan panjang dua kilometer, sehingga menjadi tujuan wajib para peselancar. Ombak Pantai Plengkung bahkan menempati posisi kedua setelah Hawaii untuk kategori tujuh ombak terbaik di dunia.
 
Dengan persiapan yang dilakukan Banyuwangi, Luhut pun mendukung pembukaan kembali pariwisata kota tersebut di era normal baru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.
 
Ia juga memuji keberhasilan penanganan covid-19 di Banyuwangi yang diharapkan dapat mendukung pemulihan pariwisata setempat.
 
"Kenapa Banyuwangi ini bagus, karena menurut saya, Pak Anas selaku Bupati Banyuwangi ini mampu melakukan kolaborasi dan tidak bekerja sendiri-sendiri, sehingga lebih efisien. Ekonomi dan covid-19 itu saling berkaitan. Kalau penanganan covid-19 bagus, maka ekonomi itu baik juga. Kita lihat bahwa di sini (Banyuwangi) covid-19 itu yang positif ada 55 orang dari jumlah penduduk 1,7 juta dan 44 orang sudah sembuh jadi angka recovery-nya atau tingkat penyembuhannya yang sangat baik, lebih hampir 80 persen ke tingkat penyembuhan atau lebih mortality rate itu juga sangat rendah yaitu dua orang. Informasi ini penting untuk investor dan wisatawan yang akan datang nantinya," jelasnya.
 
Luhut juga mengungkapkan covid-19 membawa dampak positif bagi Indonesia, yaitu mendorong reformasi dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya bidang kesehatan. Kini Indonesia sedang sudah bisa mengekspor Alat Pelindung Diri (APD), alat tes cepat buatan dalam negeri yang diinisiasi oleh BPPT, dan vaksin covid-19 sudah memasuki uji klinis tahap tiga.
 
"Oleh karena itu, saya titip tidak bosan-bosannya supaya kita ikuti protokol kesehatan, selalu jaga jarak, cuci tangan, pakai masker itu harus dilakukan. Saya mohon sampai vaksin ini ada, kita semua untuk hati-hati yang penting olahraga, makan makanan sehat, tidur cukup, dan berpikir positif," katanya.
 
Selain melaksanakan protokol kesehatan untuk diri sendiri, Luhut juga mengingatkan untuk saling mengingatkan untuk tidak berkerumun di tempat umum dan menghargai usaha pencegahan penyebaran pandemi ini.

 

(SAW)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif