Penanaman mangrove dengan luas dua hektare di Pantai Panimbang, Pandeglang, Banten, Minggu,16 Januari 2022. Medcom.id/Hendrik Simorangkir
Penanaman mangrove dengan luas dua hektare di Pantai Panimbang, Pandeglang, Banten, Minggu,16 Januari 2022. Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Jaga Pasokan Oksigen, Sandiaga Dorong Penanaman Mangrove

M Sholahadhin Azhar • 10 Maret 2022 16:40
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ingin Indonesia menjadi 'pabrik' oksigen dunia. Dia mendorong penanaman mangrove atau bakau agar hal tersebut bisa dicapai.
 
"Mari kita tanam mangrove sebanyak-banyaknya. Sehingga ini menjadi pabrik oksigen terbaik yang dimiliki dunia," ujar Sandiaga melalui keterangan tertulis, Kamis, 10 Maret 2022.
 
Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat menyosialisasikan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Kalimantan Barat. Menurut Sandiaga, ekosistem bakau di kawasan Desa Wisata Sungai Kupah, Kalimantan Barat, sangat kondusif menunjang ketersediaan oksigen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandiaga ingin penanaman bakau diperluas dan ditambah. Sandiaga memberikan 50 bibit mangrove pada pengelola untuk mempertahankan ekosistem tersebut.
 
Desa Sungai Kupah memiliki lahan mangrove seluas 10 hektare. Desa ini berdiri sejak 2017 dan terletak di penghujung hulu Sungai Kapuas, sungai terpanjang se-Indonesia. Sementara, hilirnya berada tepat di Selat Karimata, yang berbatasan langsung dengan Laut Natuna.
 
Lokasi Desa Sungai Kupah berjarak 38,3 kilometer dari Bandara Internasional Kubu Raya Supadio. Delapan kilometer di antaranya merupakan jalanan desa yang belum diaspal.
 
Baca: 2 Hektare Pesisir Pantai Banten Ditanami Mangrove
 
Di sisi lain, Sandiaga memberikan lima tempat sampah jenis 3 in 1. Pemberian itu sebagai simbol agar masyarakat senantiasa menjaga kelestarian alam.
 
Melihat potensi di daerah tersebut, Sandiaga meyakini perekonomian bisa bangkit dan terciptanya peluang usaha maupun lapangan pekerjaan. "Kita ingin hadirkan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu, demi 'Indonesia Bangkit'," kata Sandiaga.
 
(AZF)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif