Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Metro TV
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Metro TV

Selamat Pagi Indonesia

Perusahaan Tak Serius, BKPM Bakal Cabut Izin Usaha Tambang dan Lahan

Ekonomi investasi pertambangan perizinan Selamat Pagi Indonesia
MetroTV • 10 Januari 2022 11:22
Jakarta: Pemerintah akan mencabut izin usaha pertambangan, hutan, dan perkebunan milik perusahaan yang tak serius beroperasi. Izin milik pelaku usaha yang menelantarkan rencana kerjanya bakal diserahkan ke pihak yang lebih kompeten.
 
"Pencabutan ini akan kita lakukan mulai Senin, khusus untuk IUP (izin usaha pertambangan)," kata Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Senin, 10 Januari 2022.
 
Bahlil menyebut pemerintah sudah memperingatkan pemilik izin usaha untuk melaksanakan rencana kerja yang sudah diajukan. Jika tidak segera direalisasikan, izin usaha tersebut bakal dicabut dan diserahkan ke pelaku usaha yang lebih serius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Koordinasi kami dengan Kementerian ESDM sudah kita lakukan. Dan pencabutan ini tanpa melihat ini punya siapa. Kita tertib pada aturan," tegas Bahlil.
 
Menurutnya, banyak izin usaha yang ditelantarkan pemiliknya puluhan tahun. Pemerintah memutuskan untuk mencabut izinnya dan memberikan kepada pemilik usaha yang serius dalam pengembangan usaha dan kelompok masyarakat sekitar. (Yahya Nadim Oday)
 
(SUR)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif