Vaksin Covid-19. Foto : Medcom.id.
Vaksin Covid-19. Foto : Medcom.id.

Besaran Investasi saat Uji Klinis Jadi Komponen Harga Vaksin Covid-19

Ekonomi Bio Farma virus corona
Annisa ayu artanti • 21 Oktober 2020 13:19
Jakarta: PT Bio Farma (Persero) tidak akan semena-mena dalam menyusun harga vaksin covid-19. Sebab, penyusunan formula harga vaksin harus memenuhi standar internasional.
 
"Dalam perhitungan harga vaksin, itu pasti sudah melewati beberapa standar-standar struktur biaya yang disepakati secara internasional," kata Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dalam diskusi virtual, Rabu, 21 Oktober 2020.
 
Ia menjelaskan salah satu yang menjadi komponen dalam penyusunan formula harga vaksin adalah faktor investasi. Faktor investasi dapat berupa pembiayaan yang dikeluarkan saat uji klinis dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun uji klinis dilakukan sebanyak tiga tahap. Setelah itu vaksin akan diajukan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memperoleh izin edar.
 
"Dalam hal ini salah satunya dalam menyusun harga vaksin covid-19 ada faktor investasi yang kita lakukan seperti misalkan uji klinis," sebutnya.
 
Selain itu, dalam membentuk harga vaksin, Bio Farma juga akan menggandeng lembaga pengawas seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) supaya lebih transparan.
 
"Kami akan bekerja sama dengan BPK, LKPP dan juga badan-badan lainnya untuk menyampaikan harga yang diberikan Bio Farma memenuhi harga-harga kewajaran," pungkasnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif