Bank Danamon menggelar vaksinasi bagi pedagang pasar. Foto: dok Danamon.
Bank Danamon menggelar vaksinasi bagi pedagang pasar. Foto: dok Danamon.

Percepat Kekebalan Komunitas Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Ade Hapsari Lestarini • 30 Agustus 2021 12:23
Jakarta: PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menggulirkan program vaksinasi bagi para pedagang pasar. Pasar merupakan tonggak perekonomian dan sumber penghidupan masyarakat yang juga berpotensi menjadi salah satu kluster penyebaran covid-19, sehingga Danamon percaya bahwa pasar membutuhkan perhatian khusus untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona.
 
"Program vaksinasi untuk para pedagang merupakan wujud kepedulian kami terhadap masyarakat khususnya di lingkup pasar. Ini merupakan wujud nyata dukungan kami terhadap pemerintah dalam penanganan covid-19, khususnya terkait dengan percepatan vaksin. Kami berharap vaksinasi ini dapat membantu mempercepat pembentukan kekebalan komunitas di kalangan para pedagang, sehingga mereka dapat beraktivitas kembali secara aman dan dapat menghidupkan kembali perekonomian di daerah," jelas Direktur Syariah & Sustainability Finance, Herry Hykmanto, dalam keterangan resminya, Senin, 30 Agustus 2021.
 
Program vaksinasi ini diawali di Pasar Senen, Jakarta pada 12-13 Agustus dan dilanjutkan di Pasar Cihaurgeulis serta Pasar Baltos di Bandung pada 20-21 Agustus. Terakhir, program vaksinasi pedagang pasar ini dilakukan di Gedung Serba Guna Denggung, Pasar Prambanan, dan Pasar Kuliner Belut Godean di wilayah Sleman, Yogyakarta pada 25-27 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui Danamon Peduli, program vaksinasi pedagang ini sekitar 3.250 dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia disalurkan di enam wilayah lokasi pelaksanaan. Kegiatan ini turut didukung diantaranya oleh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan setempat, PD Pasar Jaya, Jakarta Kolaborasi, PT Bio Farma, PT Kimia Farma, PD Pasar Jaya, BPR Bank Sleman, Perumda Pasar Juara Kota Bandung dan Perumda BPR Bank Bandung serta berbagai pemangku kepentingan lainnya.
 
Selanjutnya, Danamon menggandeng Kimia Farma dan Bank Sleman melaksanakan rangkaian program vaksinasi terhadap para pedagang pasar yang kali ini dilakukan di Gedung Serba Guna Denggung, Pasar Prambanan, dan Pasar Kuliner Belut Godean di wilayah Sleman, Yogyakarta. Yang menarik dari kegiatan vaksinasi di Sleman ini adalah untuk pertama kalinya, Danamon menggunakan Vaksin Gotong Royong untuk kegiatan tanggung jawab sosialnya.
 
Plt. Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) Agus Chandra mengatakan kegiatan sosial perusahaan (CSR) PT Bank Danamon Indonesia Tbk. dan PT BPR Bank Sleman dalam bentuk vaksinasi kepada para pedagang pasar tradisional di Sleman sejalan dengan upaya pemerintah dalam mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity).
 
"Kami mendukung bentuk CSR Danamon dan Bank Sleman yang didukung oleh Pemkab Sleman melalui Vaksinasi Gotong Royong [VGR] untuk para pedagang pasar tradisional. Apalagi pasar merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli. Dengan vaksinasi ini diharapkan imunitas para pedagang dapat terjaga dengan baik sehingga aktivitas pasar dapat berjalan dan turut menggerakkan roda perekonomian," ujarnya.
 
KFD memberikan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dalam pelaksanaan VGR terhadap para pedagang pasar tradisional Sleman. KFD merupakan cucu usaha PT Kimia Farma Tbk. yang memberikan pelayanan kesehatan melalui klinik kesehatan dan laboratorium klinik dengan mengelola 422 klinik dan 73 lab klinik dan memiliki keungulan sekaligus kekuatan sarana dan fasilitas pelayanan kesehatan serta 1.200 dokter dan 3.300 perawat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
 
Agus Chandra menegaskan, KFD siap memberikan pelayanan Vaksinasi Gotong Royong kepada badan usaha/perusahaan, termasuk VGR untuk kegiatan CSR seperti yang dilakukan oleh Danamon dan Bank Sleman terhadap pedagang di pasar tradisional Sleman.
 
"Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Danamon dan Kimia Farma dalam program CSR untuk vaksinasi covid-19 pagi para pedagang pasar hari ini. Kegiatan ini tidak lain bertujuan untuk membantu upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam percepatan vaksinasi covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi dengan sasaran pedagang pasar. Sebagai mitra Bank Sleman, vaksinasi ini merupakan salah satu apresiasi kepada pedagang pasar yang membantu kekebalan tubuh pedagang pasar," tambah Agus.
 
Saat ini Bank Sleman bermitra dengan lebih dari 18 pasar yang ada di wilayah Kabupaten Sleman. Bentuk kerjasama berupa simpan, kredit dan layanan pembayaran retribusi paar. Beberapa kegiatan CSR yang telah dilaksanakan oleh Bank Sleman dalam rangka upaya pencegahan covid-19 di antaranya adalah pembagian masker, bantuan hand sanitizer, pembuatan poster edukasi covid-19, bantuan APD dan sarana cuci tangan untuk fasilitas umum. Pada saat ini juga akan disampaikan bantuan pakaian APD untuk PMI Cabang Sleman sebagai sarana dalam melayani masyarakat di masa pandemi ini.
 
Selain vaksinasi, Danamon juga mendukung komunitas pasar  melalui program Healthy Banking for Communities yang mengusung tema 'Merdeka dari Covid'. Melalui program ini, Danamon mendukung proses digitalisasi pembayaran di Pasar Juara Kota Bandung dan Pasar Sleman, yakni dengan mendorong digital collection retribusi pasar dan QRIS guna membantu terciptanya transaksi secara nontunai yang dapat membentuk lingkungan pasar yang sehat dan nyaman khususnya di masa pandemi ini.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif