Namun, untuk memastikan bahwa pengalaman tersebut berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pemilik dan pengelola restoran. Setidaknya ada lima strategi efektif yang wajib dilakukan oleh restoran saat bulan puasa.
CEO Opaper App Joanathan McIntosh mengatakan, variasi menu menjadi kunci utama bagi restoran. Pemilik restoran mesti memperhatikan kebutuhan berbagai macam pelanggan, dari hidangan berat hingga ringan, serta memastikan bahwa setiap pelanggan dapat menemukan makanan sesuai dengan selera dan keinginannya.
"Untuk membantu pemilik restoran mengatur menu spesial ramadan, bisa menggunakan fitur menu online dari Opaper App. Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan menu spesial ramadan dalam waktu kurang dari lima menit. Jadi, tidak perlu repot mengatur menu," ujar Joan dalam keterangannya, Rabu, 20 Maret 2024.
Agar layanan tetap berkualitas dan cepat, restoran perlu mengoptimalkan proses pelayanan mereka. Salah satu cara efektif adalah dengan mempersiapkan staf yang cukup dan terlatih dengan baik. Pastikan setiap anggota tim memiliki tugas yang jelas dan dapat bekerja secara efisien untuk mengurangi waktu tunggu pelanggan.
Dengan memanfaatkan fitur QR Code dari Opaper App, meungkinkan pelanggan melakukan pemesanan dan pembayaran langsung dari meja mereka. Dengan memindai QR Code menu, mereka bisa melihat menu dan memesan tanpa harus mengantri di depan kasir sehingga memberikan kenyamanan bagi pelanggan.
"Jadi, pelanggan bisa pesan langsung dari meja mereka dengan nge-scan QR Code di meja. Enggak perlu lagi antri di kasir, kan enak? Jadi, bisa mengurangi waktu tunggu dan antrian di kasir, bikin proses pelayanan jadi lebih cepat dan lancar," ungkapnya.
Baca juga: Pemprov Papua Libatkan 16 Pengusaha dalam Gerakan Pangan Murah |
Tidak hanya tentang kecepatan pelayanan, kualitas makanan dan minuman juga menjadi faktor penting dalam menarik pelanggan. Pastikan bahan baku yang digunakan segar dan berkualitas serta proses pengolahan makanan yang higienis sehingga memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan.
"Opaper App juga bisa membantu dalam memantau kualitas dan tenggat kadaluarsa bahan baku dari menu yang disajikan melalui fitur Resep dan Manajemen Inventori. Dengan fitur ini, pemilik restoran dapat melakukan cross-check antara resep menu yang disimpan dan stok bahan yang ada," ujar dia.
Selanjutnya, restoran dapat memanfaatkan fitur promo dan diskon yang tersedia di Opaper App. Dengan fitur QR Code dari Opaper, pelaku bisnis bisa membuat diskon dan promosi yang menarik seperti diskon ongkir, tampilan harga coret, dan diskon produk.
Untuk menghindari antrian panjang dan waktu tunggu, restoran dapat menerapkan sistem reservasi atau pemesanan online. Dengan cara ini, pelanggan dapat memesan tempat duduk mereka sebelumnya, sehingga restoran dapat mengatur kapasitas dan waktu kedatangan pelanggan dengan lebih baik.
Fitur reservasi di Opaper App tidak hanya memudahkan pengaturan reservasi dengan cepat, tetapi juga dilengkapi dengan sistem Down Payment (Deposit). Dengan terhubung langsung ke sistem order kasir (POS), pengelolaan reservasi dapat lebih efisien dan menghindari reservasi fiktif yang dapat mengganggu operasional bisnis.
"Fitur reservasi dari Opaper App bukan cuma memudahkan pengaturan reservasi dengan cepat, tapi juga ada sistem Down Payment (Deposit) yang bikin pelanggan merasa aman dan nyaman. Soalnya, langsung terkoneksi ke sistem order kasir (POS), jadi bisa kelola reservasi lebih efisien dan hindari reservasi palsu yang bisa ganggu operasional bisnis kamu," jelas Joan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News