Ilustrasi sensus penduduk. Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Ilustrasi sensus penduduk. Foto: Antara/Oky Lukmansyah

Mekanisme Sensus Penduduk oleh BPS di Tengah Pandemi

Ekonomi BPS Sensus Penduduk
Eko Nordiansyah • 31 Agustus 2020 14:15
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan sensus penduduk pada September 2020. Metode pengumpulan data oleh petugas sensus dari BPS akan dilakukan dengan cara berbeda di tiap zona sesuai tata kelola di tengah pandemi covid-19.
 
"Sensus penduduk wawancara diubah mekanismenya dengan membagi wilayah Indonesia ke dalam tiga zona," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam video conference di Jakarta, Senin, 31 Agustus 2020.
 
Di zona 1, setiap rumah tangga akan mengisi kuesioner yang dibagikan oleh petugas sensus didampingi ketua Satuan Lingkungan Setempat (SLS) atau ketua RT. Terdapat 227 kabupaten/kota yang akan menjalankan metode pengumpulan data pada zona 1 ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Petugas akan menggunakan metode drop off pick up (DOPU), yang artinya petugas sensus akan membagikan kuesioner kepada masyarakat dan nanti akan mengambil kembali kuesioner yang sudah diisi secara mandiri oleh masyarakat," jelas dia.
 
Di zona 2, petugas sensus akan berkeliling dengan ketua SLS untuk mengkonfirmasi data yang sudah tercatat pada data Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Sementara di zona 3, petugas akan mewawancarai penduduk dengan daftar pertanyaan lengkap seperti kuesioner pada SP online.
 
"Di zona 2, hanya akan melaksanakan tahap pemeriksaan data penduduk dan tahap verifikasi lapangan tanpa wawancara yang detail. Hanya di zona 3, yaitu di 41 kota di Papua dan Papua Barat, petugas sensus akan tetap melaksanakan wawancara," ungkapnya. 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif