Gedung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif - - Foto: dok Setkab
Gedung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif - - Foto: dok Setkab

Kemenparekraf Lanjutkan Pembangunan Pusat Kreatif di Tengah Pandemi

Ekonomi pariwisata indonesia percepatan pemulihan pariwisata
Antara • 08 Agustus 2020 14:20
Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memastikan pembangunan pusat kreatif ataucreative hubdi lima destinasi pariwisata prioritas terus berlanjut meski di tengah pandemi covid-19.
 
Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hari Sungkari mengatakan baru ada empat lokasi creative hubdari lima destinasi prioritas. Hal ini dikarenakan pemerintah belum mendapatkan lokasi untuk destinasi Likupang, Sulawesi Utara.
 
"Likupang ini mungkin infrastrukturnya harus duluan. Dan kalau dibangun pun mungkin di Manado dulu, tapi kami belum menemukan tempatnya," katanya dikutip dariAntara, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hari menjelaskan rata-rata progres pembangunan creative hub saat ini masih dalam tahap desain dan diharapkan mulai dibangun pada 2021. Untuk creative hub Labuan Bajo, NTT, konstruksi interior ditargetkan bisa selesai tahun ini. Meski demikian, gedung yang hampir rampung itu bukanlah lokasicreative hubyang utama.
 
"Gedung panjang itu yang creative hub sebenarnya untuk para pelaku. Mudah-mudahan 2020 sudah selesai pekerjaan kadi kita bisa lanjut ke gedung panjang," terang dia.
 
Sementara itu, creative hub destinasi Borobudur akan dibangun di Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, sesuai keinginan Presiden Jokowi.
 
"Kami sudah dapat gedung tapi ternyata prosesnya lama. Jadi ada dua lokasi yang diputuskan pemda setempat, yaitu Galeri Industri Kreatif milik PPI atau Gedung Oudetrap. Kita sedang desain dan 2020 interior di Oudetrap selesai," tambahnya.

 
Adapun untuk lokasi di Danau Toba, Sumatera Utara, creative hub akan dibangun di Samosir dan dikelola komunitas kopi setempat. Kawasan itu memiliki potensi perkebunan kopi yang bisa dijual dan dikembangkan.
 
Ada dua lokasi yang diusulkan pemda setempat, yakni Sigulatti dan Pangururan. Sedangkan creative hub Mandalika, NTB, akan dibangun di kawasan Pantai Kuta dan lahannya disediakan oleh ITDC. Tahun ini, progres pembangunan creative hub Mandalika masih masuk tahap desain.
 
"Visi saya untuk Mandalika, creative hub ini jadi semacam Mekah-nya orang kreatif di NTB. Jadi tidak hanya pamer karya tapi ketemu investor dan pembeli. Jadi ada suatu kebanggaan bagi pelaku kuliner, kain, bisa tampil di Mandalika ini," tukas Hari.

 
(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif