Maskapai Lion Air - - Foto: AFP
Maskapai Lion Air - - Foto: AFP

Lion Air Group Akomodir Permintaan Duduk Tanpa Jarak

Ekonomi penerbangan lion air
Suci Sedya Utami • 04 Agustus 2020 11:58
Jakarta: Maskapai Lion Air Group memfasilitasi permintaan duduk tanpa jarak bagi para penumpang. Permintaan tersebut hanya berlaku bagi keluarga atau kategori rombongan.
 
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro memastikan rombongan tersebut memiliki hasil tes PCR atau swab negatif. Sementara penumpang yang bukan dalam satu keluarga atau rombongan tetap diharuskan duduk dalam jarak yang sudah ditentukan.
 
"Hal ini tidak dapat dihindari namun sebagai operator penerbangan, Lion Air mengatur penempatan pada tempat duduk penumpang agar lebih meminimalisir dampak," kata Danang dalam keterangan resmi, Selasa, 4 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Danang menjelaskan permintaan duduk tanpa jarak itu mengacu pada aturan International Air Transport Association (IATA) yang tidak merekomendasikan kursi tengah sebagai jarak dalam satu baris. Namun tetap mewajibkan penggunaan masker, pemeriksaan suhu penumpang pekerja bandar udara dan pelancong.
 
Ia menambahkan beberapa negara sudah melakukan penerbangan domestik dan internasional dengan tidak memberlakukan pembatasan jumlah penumpang seperti Thailand, Vietnam, India, dan Malaysia.
 
"Lion Air menyampaikan bahwa dalam penerbangan tertentu kemungkinan jumlah tingkat keterisian penumpang dapat terjadi melebihi dari batasan kapasitas angkut penumpang yang ditetapkan," ujar Danang.
 
Adapun Lion Air penerbangan JT-635 pada Senin kemarin melayani dari Bandar Udara Fatmawati Soekarno (BKS) ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) membawa 203 penumpang dengan pesawat tipe Boeing 737-900ER (kapasitas 215 kursi kelas ekonomi). Lion Air berangkat pada jadwal 12.00 WIB.
 
Kemudian pada penerbangan JT-554 dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) pada Jumat pekan lalu Lion Air mengoperasikan dengan Boeing 737-800NG berkapasitas 189 tempat duduk dan menerbangkan 154 penumpang. Pesawat berangkat pukul 14.45 WIB.
 
Hal tersebut terjadi lantaran Lion Air berupaya mengakomodir kebutuhan perjalanan udara para penumpang kategori rombongan, perseorangan dengan perjalanan normal, perseorangan terbang dengan perubahan jadwal ataureschedulesecara mendadak karena suatu kepentingan.
 
Pada penerbangan JT-544 terdapat 67 penumpang kategori grup dan keluarga serta 87 penumpang perseorangan. Demikian juga pada penerbangan JT-635 terdapat 76 penumpang kategori grup dan keluarga serta 127 penumpang pers.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif