Ilustrasi KAI. Foto: Dokumen KAI
Ilustrasi KAI. Foto: Dokumen KAI

KAI Layani 240,9 Juta Penumpang Semester I-2025, Ketepatan Waktu Capai 99,5%

Annisa ayu artanti • 09 Juli 2025 14:06
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Group mencatatkan capaian luar biasa pada semester I-2025. Selama periode Januari hingga Juni, KAI berhasil melayani 240.906.117 pelanggan, tumbuh 8,90 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
Capaian ini menjadi sinyal kuat bahwa kereta api makin dipercaya masyarakat sebagai moda transportasi publik yang nyaman, tepat waktu, dan terintegrasi.
 
“Yang membanggakan, seluruh layanan KAI Group mengalami peningkatan jumlah pelanggan. Ini bukan sekadar soal angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba dalam keterangan tertulis, Rabu, 9 Juli 2025.

LRT Jabodebek dan KAI wisata pimpin pertumbuhan

Pertumbuhan pelanggan tertinggi tercatat pada LRT Jabodebek yang mencapai 13,04 juta pelanggan, naik 50,14 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sistem LRT ini menjadi solusi nyata mobilitas harian warga Jabodetabek tanpa macet.

Sementara itu, KAI Wisata juga tak mau kalah. Layanan eksklusif seperti Kereta Panoramic, Priority, dan Wisata Tematik seperti Nusantara, Toraja, hingga Imperial, mencatatkan lonjakan 41,38 persen pelanggan, dari 70.855 menjadi 100.176 orang.
 
Baca juga: Ini 10 Kereta Api Favorit Selama Libur Panjang 1 Muharam

Layanan bandara dan di luar Jawa juga meningkat

KAI Bandara melayani 3,45 juta pelanggan, naik 27,29 persen. Termasuk di dalamnya KA Bandara YIA dan Srilelawangsa di Medan.
 
- LRT Sumsel tumbuh 9,50 persen dengan total 2,22 juta pelanggan.
- KA Makassar-Parepare, proyek strategis nasional di Sulawesi, naik 8,86 persen, menunjukkan peran KAI dalam memperluas akses ekonomi di luar Pulau Jawa.

KAI Commuter tetap jadi andalan perkotaan

Di wilayah padat seperti Jabodetabek, KAI Commuter tetap menjadi tulang punggung mobilitas masyarakat. Total 191,5 juta pelanggan telah dilayani, naik 6,90 persen dari tahun lalu.
 
Sedangkan KA Jarak Jauh dan KA Lokal melayani 27,46 juta pelanggan, naik 7 persen, menunjukkan minat masyarakat terhadap perjalanan antarkota yang lebih efisien.

Ketepatan waktu KAI

Salah satu pencapaian penting adalah tingkat ketepatan waktu (On Time Performance/OTP). Selama paruh waktu 2025 OTP keberangkatan KA Penumpang sebesar 99,51 persen dan kedatangan KA Penumpang: 96,25 persen
 
“Ketepatan waktu bukan hanya soal angka, tetapi tentang menjaga ritme kehidupan pelanggan. Ini yang terus kami jaga agar KAI tak hanya menjadi transportasi publik, tapi mitra mobilitas yang bisa diandalkan,” tegas Anne Purba.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan