Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Mudik Jadi Peluang untuk Promosi Produk UMKM di Daerah

Ekonomi Produk Dalam Negeri UMKM e-commerce Blibli Rest area Lebaran 2022
Eko Nordiansyah • 05 Mei 2022 13:23
Jakarta: E-commerce Blibli mendukung kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara berkelanjutan melalui berbagai program. Salah satu upaya Blibli dalam mendorong bisnis UMKM adalah melalui kerja sama dengan pemerintah daerah, seperti Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
 
VP Galeri Indonesia Blibli Andreas A.Pramaditya mengatakan, kerja sama Blibli dengan Pemprov Jateng ini dilakukan sebagai upaya mendorong pertumbuhan para pelaku UMKM yang berasal dari Jawa Tengah. Bahkan Blibli dan Pemprov Jateng memanfaatkan momentum mudik Lebaran guna menggenjot bisnis UMKM.
 
"Memanfaatkan momen Lebaran tahun ini, kami berharap melalui bazar ini produk-produk UMKM Jawa Tengah bisa lebih dikenal, sehingga makin banyak produk lokal yang bisa berjaya di negeri sendiri dan bisnis UMKM dapat terus tumbuh secara berkelanjutan," kata dia dalam keterangan resminya, Kamis, 5 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemprov Jawa Tengah bersama Blibli menggelar Bazaar UMKM Wow di Rest Area KM 360 Kabupaten Batang pada 27 April hingga 8 Mei 2022. Program ini melibatkan para seller UMKM Blibli untuk memperkenalkan produk kepada warga sekitar Batang, dan para pemudik yang melintas dan beristirahat di Rest Area KM 360.
 
Ia menambahkan, kerja sama ini juga dalam rangka melaksanakan amanat UU Cipta Kerja dan PP Nomor 7 tahun 2021 yang menyatakan 30 persen infrastruktur publik termasuk rest area harus dialokasikan untuk promosi dan tempat berjualan bagi UMKM serta arahan dari Presiden Joko Widodo agar memberikan kemudahan akses untuk usaha mikro.
 
"Sebuah kehormatan bagi Blibli untuk menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan berbagai program yang mendorong pertumbuhan UMKM, mulai dari pendampingan hingga membuka akses pasar yang lebih luas serta memperkuat UMKM dalam menelurkan produk-produk berkualitas dan bersaing di pasar," ujar dia.
 
Pada Bazar UMKM Wow ini, Blibli menghadirkan pengalaman belanja yang lebih nyaman dan hemat bagi seluruh pengunjung. Hal tersebut dilakukan dengan menyediakan beragam promo menarik khusus produk parsel dan UMKM Jawa Tengah.
 
Promo yang ada pun didukung dengan keberadaan para seller UMKM unggulan dari Blibli yang menyediakan produk-produk seperti makanan dan minuman, fesyen, hingga kerajinan kriya. Gelaran ini juga melibatkan 16 UMKM binaan Dinas Koperasi UMKM di lima Kabupaten/Kota di Jateng dengan produk craft, fesyen, dan makanan.
 
Sebelumnya, kolaborasi antara Blibli dan Pemprov Jateng dalam memajukan UMKM Jawa Tengah telah berjalan sejak lama. Program Blibli Bazar UMKM Wow ini merupakan kelanjutan dari kesuksesan program Parsel edisi UMKM Jawa Tengah yang digelar Blibli secara daring hingga 30 April 2022.
 
Blibli juga menyediakan pilihan kuliner, seni kriya, fesyen dan berbagai produk UMKM terbaik dari Jawa Tengah dapat dikunjungi di laman kurasi UMKM Gayeng. Bahkan Blibli mencatat pertumbuhan total permintaan produk UMKM Jawa Tengah sebesar tiga kali lipat untuk periode year-on-year pada kuartal I-2022 dibandingkan dengan kuartal I-2021.
 
"Blibli selalu memastikan pengalaman berbelanja online yang nyaman, aman, dan terintegrasi, mulai dari kebutuhan bahan pangan, perjalanan, gaya hidup, barang elektronik, rumah tangga, hingga tagihan rutin. Dalam menyediakan pilihan produk terlengkap untuk pelanggan Blibli, kami akan menggandeng lebih banyak UMKM dan produk lokal terbaik bergabung di platform kami," pungkasnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif