BLT minyak goreng disalurkan oleh PT Pos Indonesia kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat di seluruh Indonesia (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
BLT minyak goreng disalurkan oleh PT Pos Indonesia kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat di seluruh Indonesia (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)

Masyarakat Penerima BLT Minyak Goreng Sangat Terbantu Bansos Berupa Uang Tunai

Ekonomi pos indonesia Bansos Bantuan Pangan Nontunai Bantuan Langsung Tunai BLT Minyak Goreng
Rosa Anggreati • 16 April 2022 20:11
Bandung: PT Pos Indonesia (Persero) menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Mereka yang telah menerima BLT minyak goreng sangat bersyukur karena bansos dalam bentuk uang tunai.
 
Pada program bansos BLT minyak goreng, KPM menerima uang tunai senilai Rp100 ribu per bulan yang diberikan sekaligus untuk tiga bulan (April, Mei, Juni), sehingga yang diterima KPM sejumlah Rp300 ribu. 
 
Selain itu, KPM juga menerima bantuan program sembako senilai Rp200 ribu. Dengan demikian total bantuan yang diterima senilai Rp500 ribu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masyarakat lebih suka terima uang tunai karena bisa dipakai untuk membeli obat. Apalagi dalam kondisi Ramadan saat ini, masyarakat jadi bebas membelanjakan uang sesuai kebutuhan di warung terdekat," kata Ghani Haeruman, juru bayar KCU Bandung di sela penyaluran BLT minyak goreng dan program sembako di KCU Bandung, Jawa Barat, Jumat, 15 April 2022.
 
Tak hanya masyarakat penerima yang berbahagia menerima bantuan berupa uang tunai, petugas juru bayar pun lebih mudah dalam menyalurkan.
 
"Memudahkan juga untuk proses penyaluran karena tidak perlu gudang untuk menyimpan beras," tutur Ghani. 
 
Lebih lanjut dijelaskan Ghani, dalam penyaluran BLT minyak goreng dilakukan melalui tiga cara, yaitu diantarkan langsung ke rumah KPM yang sedang sakit (door to door), melalui Kantor Pos, dan komunitas.
 
"Kalau penyaluran melalui komunitas, 500 orang KPM dilayani satu petugas juru bayar dan satu petugas verifikasi. Bila penerima lebih dari 500 KPM,  petugas verifikasi dua orang dan satu juru bayar. Kalau 1.000 KPM dilayani oleh petugas verifikasi dua orang dan dua orang juru bayar," katanya.
 
Masyarakat Penerima BLT Minyak Goreng Sangat Terbantu Bansos Berupa Uang Tunai
(Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
Ghani menyebutkan mendapat tenggat penyaluran BLT minyak goreng dan sembako pada 9-21 April 2022, atau 12 hari kerja.
 
Dengan disalurkan BLT minyak goreng dan bansos sembako oleh PT Pos Indonesia, masyarakat sangat terbantu.
 
"Masyarakat sangat terbantu dengan program pemerintah, terutama yang disalurkan oleh PT Pos, karena bisa diantarkan langsung, tidak ada potongan, bisa dibelanjakan di mana pun. Semoga bantuan ini bisa terus berlanjut," kata Ghani.
 
Pernyataan Ghani tersebut turut diakui oleh Titin. Dia menerima BLT minyak goreng mewakili ibundanya yang sedang sakit, Dariah.
 
Warga Kelurahan Kebon Kangkung, Kecamatan Kiaracondong, Bandung, ini senang karena menerima bantuan dari pemerintah. Apalagi, bantuan BLT minyak goreng yang disalurkan berupa uang tunai.
 
"Alhamdulillah sekali, BLT minyak goreng ini bisa membantu ibu saya beli obat dan memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Titin. 
 
Titin setiap harinya menjalani aktivitas mengurus rumah tangga dan merawat ibu yang sedang sakit. Dia mengalami kesulitan ekonomi.
 
"Saya kesulitan ekonomi untuk menghidupi ibu. Anak-anak pun masih butuh biaya untuk sekolah. Harga minyak goreng pun lagi mahal juga. Sekarang ada bantuan dari pemerintah, saya sangat bersyukur sekali," ucap Titin. 
 
Masyarakat Penerima BLT Minyak Goreng Sangat Terbantu Bansos Berupa Uang Tunai
(Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
Perasaan yang sama diutarakan oleh Yeti Zubaidah. Dia menerima BLT minyak goreng mewakili kakaknya yang sedang sakit, Tati Sahyati.
 
"Saya mewakili kakak yang sedang sakit untuk menerima bantuan. Kegiatan saya ibu rumah tangga, dan mengurus kakak 24 jam. Kondisinya menurun karena kata dokter ada penyumbatan darah di otak," ucap Yeti.
 
Menerima dana tunai BLT minyak goreng dan bansos sembako senilai Rp500 ribu, Yeti sangat bersyukur. Uang tersebut akan digunakan untuk membeli susu dan obat untuk sang kakak.
 
"Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini sangat terbantu. Bantuan berupa uang bisa dipakai untuk beli susu dan obat. Harapan saya, mudah-mudahan ke depan tetap ada bantuan dari pemerintah," ujar Yeti.
 
Tak lupa ia mengucapkan terima kasih atas bansos BLT minyak goreng dan bansos sembako yang telah diterimanya.
 
"Terima kasih kepada Pak Presiden Jokowi yang telah membantu kami. Terima kasih kepada PT Pos Indonesia yang telah membantu mengantarkan bantuan," katanya.
 
(ROS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif