PT Kereta Api Indonesia (Persero). Foto ; MI.
PT Kereta Api Indonesia (Persero). Foto ; MI.

Semakin Longgar, Naik Kereta Tak Wajib Tunjukkan Hasil PCR dan Antigen

Annisa ayu artanti • 18 Mei 2022 14:47
Jakarta: Pemerintah kembali melakukan pelonggaran bagi para pelaku perjalanan dalam negeri. Calon penumpang kereta api sudah tidak wajib menunjukkan hasil tes covid-19 negatif jika telah melakukan vaksinasi sebanyak dua kali atau vaksinasi booster.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah mengeluarkan petunjuk pelaksanaan tersebut melalui Surat Edaran Nomor SE 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
 
"Pelaku perjalanan kereta api antar kota yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT PCR atau rapid test antigen," tulis surat edaran tersebut dalam poin kelima, dikutip Rabu, 18 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun untuk calon penumpang yang baru memperoleh vaksinasi dosis pertama tetap wajib menunjukan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam atau hasil negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.
 
Dalam surat edaran tersebut juga menjelaskan pelaku perjalanan kereta api antarkota dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi dikecualikan terhadap syarat tersebut.
 
Namun, tetap wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam atau hasil negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.
 
Lalu untuk pelaku perjalanan anak-anak di bawah usia enam tahun dikecualikan untuk ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukan hasil tes negatif covid-19.
 
"Setiap pelaku perjalanan dengan moda transportasi wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan," jelasnya.
 
Adapun peraturan pembebasan tes negatif covid-19 untuk pelaku perjalanan dengan menggunakan kereta api berlaku mulai hari ini.
 
"Surat edaran ini berlaku efektif terhitung sejak 18 Mei 2022 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian dan akan dievaluasi sesuai kebutuhan," tutupnya.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif