Menko Marves Luhut Pandjaitan. Foto: Medcom.id.
Menko Marves Luhut Pandjaitan. Foto: Medcom.id.

Populer Ekonomi: Jawaban Luhut soal Pandora Papers hingga WNA Boleh Masuk Bali

Desi Angriani • 05 Oktober 2021 08:43
Jakarta: Sejumlah berita populer ekonomi dalam dan luar negeri pada Senin, 4 Oktober 2021 terpantau menjadi perhatian para pembaca Medcom.id. Mayoritas yang menjadi sorotan berasal dari berita dalam negeri.
 
Berita itu di antaranya, jawaban Luhut saat namanya masuk daftar Pandora Papers, penumpang internasional diizinkan kembali masuk Bali dan dewan IMF kencangkan penyelidikan terhadap Kristalina Georgieva.
 
Masih ada berita lainnya yang juga masuk dalam daftar populer harian. Berikut rangkuman berita selengkapnya.

1. Ini Jawaban Luhut saat Namanya Masuk Daftar Pandora Papers

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan buka suara soal penyelidikan skandal pajak terbesar dunia yang diberi nama Pandora Papers.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nama Luhut masuk bersama 35 pemimpin dan mantan pemimpin negara dalam rangkaian data yang dianalisa Konsorsium Jurnalis Investigasi (ICIJ). Para pejabat diduga menggunakan tax haven untuk menyembunyikan aset mereka yang bernilai ratusan juta dolar.
 
Baca selengkapnya di sini

2. Cuan Mana, Investasi ORI020 atau Deposito?

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Deni Ridwan menuturkan, investasi pada obligasi ritel Indonesia (ORI) seri ORI020 lebih menguntungkan ketimbang deposito perbankan.
 
Hal itu karena bunga atau imbal hasil yang ditawarkan yakni 4,95 persen, lebih tinggi dari bunga deposito di kisaran dua persen hingga tiga persen.
 
Baca selengkapnya di sini

3. Penumpang Internasional Diizinkan Lagi Masuk Bali

Pemerintah akan memperbolehkan kembali Bandara Ngurah Rai Bali untuk melayani penerbangan rute internasional. Pembukaan kembali ini harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.
 
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan setiap penumpang kedatangan internasional harus punya bukti booking hotel untuk karantina minimal delapan hari dengan biaya sendiri.
 
Baca selengkapnya di sini

4. Hore, Pemerintah Izinkan Bioskop Boleh Jual Makanan dan Minuman Lagi

Pemerintah memperbolehkan bioskop untuk kembali menjual makanan dan minuman. Kebijakan ini hanya berlaku di kota-kota dengan penerapan PPKM level tiga, dua dan satu. Counter makanan dan minuman di dalam bioskop diperbolehkan buka namun kapasitas bioskop tetap diberlakukan 50 persen.
 
Baca selengkapnya di sini

5. Dewan IMF Kencangkan Penyelidikan kepada Kristalina Georgieva

Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) akan mengintensifkan penyelidikannya terhadap Direktur Pelaksana Kristalina Georgieva minggu ini. Secara terpisah, IMF mewawancarai dia dan penyelidik yang menuduh Georgieva menekan staf Bank Dunia guna mengubah data untuk mendukung Tiongkok.
 
Baca selengkapnya di sini
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif