Bendera Indonesia dan Jepang - - Foto: AFP/ Jewel Samad
Bendera Indonesia dan Jepang - - Foto: AFP/ Jewel Samad

Indonesia-Jepang Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Lewat Platform Digital

Ekonomi kerjasama bilateral indonesia-jepang Ekonomi Digital
Ilham wibowo • 16 Oktober 2020 20:26
Jakarta: Indonesia-Jepang meningkatkan kerja sama ekonomi bilateral melalui platform digital yang terintegrasi dalam Dashboard Japan Indonesia Partnership Lounge (Jaipong). Pemanfaatan teknologi digital ini diyakini akan meningkatkan kinerja perdagangan kedua negara.
 
"Pemanfaatan teknologi sangat diperlukan untuk terus menggerakkan sektor perdagangan. Kami optimistis langkah-langkah kreatif yang dipadukan dengan teknologi digital mampu berkontribusi terhadap peningkatan ekspor," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melalui keterangan tertulis, Jumat, 16 Oktober 2020.
 
Agus berharap Dashboard Jaipong dapat menjadi sebuah one stop hub yang menyajikan informasi komprehensif mengenai berbagai peluang kerja sama ekonomi Indonesia-Jepang. Data-data secaracurrent, reliable, accurate, timely(CRAT) dapat diakses melalui alamat https://www.dashboard.kbritokyo.jp/.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wamenlu Mahendra Siregar menambahkan terobosan tersebut sangat diperlukan untuk menciptakan peluang ekonomi di tengah krisis global akibat pandemi covid-19.
 
"Penggunaan virtual tools sangat penting dalam menjembatani kebutuhan informasi para pelaku bisnis di Jepang terhadap kebijakan dan peluang investasi di Indonesia, sekaligus mendukung upaya pelaku bisnis Indonesia memasuki pasar Jepang," paparnya.
 
Bagi Indonesia, Jepang merupakan mitra strategis utama di bidang perdagangan dan negara asal investasi terbesar kedua di Indonesia.
 
Pada periode Januari-Juli 2020, total perdagangan Indonesia-Jepang mencapai USD14,62 miliar, dengan nilai ekspor Indonesia ke Jepang sebesar USD7,84 miliar dan impor sebesar USD6,78 miliar.
 
Komoditas ekspor Indonesia ke Jepang di antaranya batu bara, produk kayu, karet, tekstil, alas kaki, dan kertas. Sementara komoditas impor utama Indonesia dari Jepang di antaranya kendaraan bermotor, mesin, dan suku cadang.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif