Jalan Padat Karya. Foto : Kementerian PUPR.
Jalan Padat Karya. Foto : Kementerian PUPR.

Kaltara Fokus Bangkitkan Ekonomi Rakyat Melalui Padat Karya

Ekonomi Padat Karya
Antara • 30 Juli 2020 22:19
Tanjung Selor: Kalimantan Utara kini memfokuskan upaya membangkitkan perekonomian rakyat yang terpuruk selama pandemi covid-19 melalui program-program padat karya.
 
"Salah satu program padat karya yang saat ini gencar kita dilakukan adalah pembangunan jalan lingkungan," kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie di Tanjung Selor, dikutip dari Antara, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Awalnya direncanakan terbangun 115 ruas, namun usai kebijakan refocusing anggaran akibat pandemi, ruas jalan berkurang menjadi 56 titik yang tersebar di lima kabupaten/kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pembangunan jalan secara padat karya membawa dampak ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung," paparnya.
 
Tiap ruas jalan lingkungan yang dibangun menghabiskan dana berkisar Rp190 juta sampai Rp200 juta. Panjang tiap jalan yang dibangun bervariasi, antara 60 sampai 100 meter. Lokasi jalan lingkungan yang dibangun tidak serta merta. Jalan dibangun jika ada usulan bupati/wali kota.
 
Rata-rata jalan lingkungan yang dibangun ini progresnya sudah lebih 50 persen. Bahkan beberapa di antaranya hampir rampung, antara lain jalan lingkungan di Jalan Hien Suharto, Kelurahan Nunukan Timur, Kabupaten Nunukan yang ditinjau Gubernur, Selasa, 28 Juli 2020.
 
"Saya minta dikerjakan dengan rapi, berkualitas, agar jalannya awet. Minimal kendaraan roda dua bisa lapang bolak balik. Tidak terjebak lumpur dan masyarakat sekitar merasa aman dan nyaman. Dan tentunya lingkungan jadi bersih, sehat, dan rapi," papar Irianto.
 

(SAW)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif