Ilustrasi sensus penduduk. Foto: Antara/Risyal Hidayat
Ilustrasi sensus penduduk. Foto: Antara/Risyal Hidayat

Imbas Covid-19, BPS Bakal Libatkan Ketua RT untuk Sensus Penduduk

Eko Nordiansyah • 07 Mei 2020 13:02
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) akan melibatkan para ketua RT untuk pelaksanaan sensus penduduk tahun ini. Pasalnya BPS mengaku kesulitan untuk melakukan sensus penduduk secara tatap muka karena pandemi virus korona (covid-19).
 
Kepala BPS Suhariyanto mengatakan semula survei tatap muka akan dilakukan pada Mei ini. Namun karena adanya covid-19 di Indonesia, rencana ini harus mundur hingga September. Akhirnya BPS akan meminta ketua RT untuk melakukan pendataan.
 
"Tahun ini kita enggak lagi tatap muka, kita akan libatkan ketua RT seluruh Indonesia yang mencapai 1,2 juta untuk distribusikan survei itu ke masing-masing rumah tangga," kata dia dalam rapat virtual dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu malam, 6 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan hanya virus korona, BPS juga terkendala anggaran untuk melakukan survei secara langsung ke masyarakat. Sebab ada efisiensi sebesar 41 persen untuk anggaran BPS, karena pemerintah juga melakukan penghematan demi penanganan covid-19.
 
Meski begitu, BPS akan terus mengoptimalisasi sensus penduduk secara online. Saat ini, sudah banyak masyarakat yang mengisi survei melalui laman resmi BPS. Walaupun jumlah yang telah mengakses sensus online masih jauh dari total penduduk.
 
"Kita terus lakukan sosialisasi sensus penduduk online, yang sudah berpartisipasi 42 juta orang, dan absolute agak besar. Tapi secara presentase BPS masih terus berupaya, karena ini baru 15 persen dari total penduduk," ungkap dia.
 
BPS berharap penduduk yang berpartisipasi untuk sensus online bisa mencapai 20 hingga 22 persen dari total jumlah penduduk. Berdasarkan data 2019, BPS memperkirakan ada 267 juta penduduk sesuai data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif