Menteri ESDM Arifin Tasrif. FOTO: Kementerian ESDM
Menteri ESDM Arifin Tasrif. FOTO: Kementerian ESDM

Biaya Lebih Murah, Pemerintah Bakal Bangun Lebih Banyak PLTS

Desi Angriani • 15 Desember 2021 12:09
Jakarta: Pemerintah akan membangun lebih banyak Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di seluruh wilayah Indonesia demi mencapai target energi terbarukan sebesar 23 persen pada 2025. Saat ini bauran EBT di dalam negeri baru mencapai 11,2 persen.
 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan sebagai salah satu sumber energi terbarukan, PLTS memakan biaya lebih murah dengan waktu pembangunan yang singkat.
 
'Kami mendorong pembangunan PLTS, baik PLTS atap skala kecil, PLTS terapung, maupun PLTS dengan skala besar yang tersebar di seluruh Indonesia," katanya, dalam siaran pers yang dikutip Rabu, 15 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut rencana pengembangan PLTS Indonesia:
  1. Pengembangan PLTS Atap dengan target 2025 sebesar 3,61 gigawatt (GW).
  2. PLTS terapung berpotensi dikembangkan sebesar 26,65 GW.
  3. PLTS Skala Besar ditargetkan sampai dengan 2030 mencapai 4,68 GW.

Adapun langkah selanjutnya yang dilakukan Kementerian ESDM dengan menetapkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) 2021-2030. Rancangan ini merupakan Green RUPTL dengan penambahan Kapasitas EBT 20,9 GW (51,6 persen).
 
"RUPTL dikembangkan secara merata di semua sistem kelistrikan dengan memperhatikan neraca daya sistem," tambah dia.

Membuka peran

Menurutnya, RUPTL ini membuka peran IPP lebih besar termasuk dalam pengembangan pembangkit berbasis EBT, yakni akan mengembangkan 63,7 persen dari total 4.680 MWP pembangkit listrik tenaga surya PV. Khusus untuk PLTS on-grid, swasta akan mengembangkan 54,4 persen dari total 3.236 MWP.
 
"Dalam RUPTL ini juga tidak ada lagi rencana PLTU baru kecuali yang sudah committed dan konstruksi, hal ini juga membuka ruang yang cukup besar untuk pengembangan EBT menggantikan rencana PLTU dalam RUPTL sebelumnya," pungkas dia.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif