Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT KAI Salusra Wijaya mengatakan suntikan ini dibutuhkan untuk mengganti kereta komuter yang mayoritas usianya sudah di atas 30 tahun sekaligus mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang.
"Sekarang yang terjadi cadangan sudah habis terpakai dan beberapa kereta sudah tidak dapat difungsikan, sehingga penggantian dan penambahan kereta ini mendesak," kata Salusra dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Selasa, 9 Juli 2024.
Berdasarkan catatan KAI, selama 2023 rata-rata volume pengguna komuter Jabodetabek pada hari kerja mencapai 830 ribu per hari.
Sampai dengan Juni 2024, rata-rata volume pengguna komuter Jabodetabek pada hari kerja mencapai 987 ribu per hari. Volume penumpang diproyeksikan naik setiap tahunnya, dengan rata-rata kenaikan per 2024-2027 sebesar enam persen.
Atas dasar itu, Salusra berpendapat dibutuhkan penambahan sarana untuk menghindari terjadinya kelebihan muatan, baik di stasiun maupun di dalam kereta.
Baca juga: DPR Setuju Kasih Rp27 Triliun PMN ke 17 BUMN, Ini Daftarnya! |
Jika tak ditambah, bakal ada penumpukan penumpang
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Asdo Artriviyanto menjelaskan perusahaan menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan armada KRL Jabodetabek pada 2024.
Jumlah armada saat ini hanya 108 rangkaian kereta (trainset), dan 17 trainset harus diistirahatkan untuk perawatan dan peremajaan. Kondisi ini mengakibatkan sisa armada hingga akhir 2024 hanya 89 trainset, sementara kebutuhan operasional mencapai 101 trainset.
Kekurangan 12 trainset ini berpotensi menyebabkan penumpukan penumpang, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna KRL.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Asdo mengatakan KCI akan mendatangkan kereta baru impor dari Tiongkok sebanyak tiga trainset pada semester I-2025. KCI juga akan mendatangkan kereta baru impor pengganti retrofit sebanyak delapan trainset pada semester II-2025, yang juga didatangkan dari Tiongkok.
Selain itu, KCI juga akan menerima kereta baru dari INKA sebanyak 12 trainset pada semester II-2025 dan empat trainset pada 2026. KCI juga akan melakukan retrofit dua trainset di dalam negeri, yang akan diserahkan pada semester II-2025.
"Kami mengalami krisis kekurangan sarana pada semester II-2024 dan semester I-2025, dan kami akan menyelesaikan krisis ini pada 2025," ucap Asdo.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News