Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyatakan, bazar ini menjadi salah satu wujud Pertamina untuk mengenalkan produk UMKM dan memperluas pasar. Pertamina terus berkomitmen untuk memperkuat daya saing dan memberi manfaat nyata bagi para pelaku UMKM.
“Kami mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan bekerjasama dengan UMKM di seluruh Indonesia. Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap UMKM lebih terpacu untuk memberikan kualitas produk terbaik bagi konsumennya,” ujar Fadjar dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 31 Maret 2024.
Pekan lalu Pertamina menggandeng UMKM untuk tiga gelaran bazar Ramadan di Jakarta, yakni di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan kantor Pertamina.
Dalam Bazar Sobat di Kementerian ESDM pada 26 - 28 Maret 2024, sebanyak delapan UMKM Pertamina bersemangat mengenalkan beragam produk seperti, Bagore, Batino's Pastry, Alika Batik, Prabu by Yangke, Sambal Nyonya, Arcisu by Monalisa Collection, Riya Butik, serta Shokha.
“Kami berharap, bazar ini bisa menjadi sarana untuk mendorong produk UMKM agar dapat bersaing secara global sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi,” ungkap Sekretaris Jenderal KESDM, Dadan Kusdiana.
Baca juga: Pertamina Pastikan Sektor Hulu hingga Hilir Siap Hadapi Momen Mudik dan Idulfitri 2024 |
Selain itu, UMKM Pertamina menggelar pameran di gedung Grha Pertamina. Aneka produk kuliner, fashion, dan perlengkapan ibadah dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idulfitri, yang tentu saja pameran ini menjadi salah satu upaya untuk mendongkrak penjualan.
Salah satu UMKM asal Indramayu, Bagore dengan produk bawang goreng kemasan, mengaku sejak diikutsertakan pameran oleh Pertamina, ia mendapat banyak pelanggan baru. Banyak konsumen yang repeat order dengan membeli secara online, baik melalui marketplace maupun WhatsApp.
“Bawang goreng yang kami produksi berasal dari bahan baku bawang jenis sumenep dengan kualitas baik, dan diolah dengan banyak varian rasa, seperti original, terasi, cumi asin, jeruk purut, rebon, dan teri, selama ini kami menjual secara online namun sejak sering diajak Pertamina pameran, pelanggan kami bertambah banyak dan pemasaran semakin luas,” kata pemilik Bagore Sunadi.
Selain pameran offline, Pertamina juga menyediakan akses belanja praktis melalui smexpo.pertamina.com. Melalui marketplace ini, masyarakat lebih mudah untuk menjelajah produk UMKM, serta tersedia paket khusus lebaran.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News