WhatsApp berkolaborasi dengan UKMINDONESIA.ID menghadirkan Pasar Jajan WhatsApp di TIM Rabu 3 Desember 2025 (Foto: Medcom.id/Syahrul Ramadhan)
WhatsApp berkolaborasi dengan UKMINDONESIA.ID menghadirkan Pasar Jajan WhatsApp di TIM Rabu 3 Desember 2025 (Foto: Medcom.id/Syahrul Ramadhan)

Yuk Merapat ke Pasar Jajan WhatsApp, Ada 10 UMKM Makanan dan Minuman Terkurasi

Muhammad Syahrul Ramadhan • 03 Desember 2025 12:46
Jakarta: Bagi masyarakat Indonesia, WhatsApp adalah cara bisnis dijalankan. Sebanyak 88% orang Indonesia mengirim pesan ke bisnis setiap minggunya,  ini menempatkan Indonesia pada posisi terdepan secara global dalam hal komunikasi bisnis melalui pesan. 
 
Bagi banyak usaha kecil di Indonesia, WhatsApp bukan sekadar alat—ini adalah situs web mereka, etalase mereka, mata pencaharian mereka dan bagaimana mereka menjalankan bisnisnya. 
 
Untuk merayakan UMKM di Indonesia serta komitmen Meta dalam mendukung Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember, WhatsApp berkolaborasi dengan UKMINDONESIA.ID menghadirkan Pasar Jajan WhatsApp, sebuah pop-up market yang berlangsung pada Rabu, 3 Desember 2025, pukul 10.00–21.00 WIB, di Selasar Jakarta Observatory & Planetarium, Taman Ismail Marzuki.  

Acara ini mengajak masyarakat untuk merasakan kemudahan mengobrol dengan pelaku bisnis, bertanya seputar produk, dan berbelanja langsung melalui chat WhatsApp sambil menjelajahi pilihan produk makanan dan minuman terkurasi dari pelaku UMKM.
 
Dari kreasi makanan pedas APB Sambal dan Mrebes Mili, hingga pilihan kopi dari Kopi Hitman Hitam Manis, serta Gluten-Free Cookies & Healthy Snacks dari Healthree, para pengunjung akan menemukan beragam pilihan produk UMKM untuk dinikmati. 
 
Baca juga: WhatsApp Perkuat Komunikasi Bisnis Berbasis AI, Ada Alat Kinerja Baru

 
Setiap booth UMKM dilengkapi kode QR yang terhubung langsung ke akun WhatsApp Business mereka, sehingga pengunjung dapat menjelajahi katalog, dan menambahkan ke keranjang. Pengunjung juga dapat berfoto di photobooth dan menunjukkan dukungan pada brand lokal.
 
“UMKM di Pasar Jajan WhatsApp menunjukkan bagaimana usaha kecil dapat berkembang dengan memanfaatkan alat digital sederhana yang gratis untuk digunakan dan sudah tersedia di aplikasi WhatsApp Business. Kami berharap masyarakat terus merayakan perjalanan UMKM lokal ini, serta mendukung para pelaku usaha kecil untuk terhubung dengan lebih banyak pelanggan melalui aplikasi WhatsApp Business,” ungkap Esther Samboh, Kepala Kebijakan WhatsApp, Meta APAC dikutip Rabu, 3 Desember 2025.
 
Pasar Jajan WhatsApp merupakan bagian dari rangkaian inisiatif dan Pelatihan UMKM Tangguh: Bertahan dan Tumbuh Menghadapi Tantangan di tiga kota yang digelar WhatsApp bekerja sama dengan berbagai mitra untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(RUL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan