Produk UMKM mitra binaan Pertamina. Foto: dok PIS Asia Pacific (PIS AP).
Produk UMKM mitra binaan Pertamina. Foto: dok PIS Asia Pacific (PIS AP).

Biar Naik Kelas, PIS Asia Pasific Berdayakan Produk UMKM Mitra Binaan

Husen Miftahudin • 05 Juli 2023 19:18
Singapura: PT Pertamina International Shipping (PIS) turut mendukung dan memberdayakan produk-produk mitra binaan Pertamina untuk semakin dikenal oleh publik, termasuk di mancanegara.
 
Dukungan oleh PIS ini dilakukan dengan menghadirkan produk-produk mitra binaan Pertamina di kantor anak usaha PIS, yakni PIS Asia Pacific (PIS AP). Promosi produk mitra binaan ini juga dilakukan seiring rebranding PIS Asia Pasific.
 
"Ini merupakan program strategis untuk mempromosikan dan mendukung produk-produk Mitra Binaan Pertamina yang memiliki kualitas internasional," ujar Corporate Secretary PIS Muh. Aryomeka Firdaus dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 5 Juli 2023.

Produk-produk yang dipromosikan ini telah melalui proses kurasi yang dilakukan oleh tim Small Medium Enterprise & Partnership Program (SMEPP) PT Pertamina (Persero), di antaranya Made Tea dari Bali, Bawadi Coffee dari Aceh, dan Tenun Ikat Putera Dewi Shinta dari Jepara.
 
"Dengan adanya kegiatan promosi ini produk-produk UMKM lokal dapat naik tingkat ke taraf internasional dan produk hasil buatan UMKM bisa dikenal lebih luas sehingga bisa meningkatkan pendapatan pelaku usaha," tuturnya.
 
Baca juga: Genjot Ekspansi Pasar Global, PIS Singapura Ganti Nama Jadi PIS Asia Pacific

Genjot ekspansi pasar global


Sebelumnya, CEO PIS Yoki Firnandi menyampaikan PIS melakukan rebranding untuk anak usahanya, PIS Singapura menjadi PIS Asia Pasific (PIS AP). Penggantian nama ini dilakukan seiring dengan makin gencarnya ekspansi PIS di pasar global, terutama dalam menjangkau pasar Asia Pasifik.
 
"Rebranding ini tentunya dilakukan untuk kejelasan kantor di Singapura ini memang untuk melayani pasar Asia Pasifik, tidak hanya untuk pasar Singapura," ungkapnya.
 
Saat ini, PIS memiliki dua kantor cabang di luar negeri yakni di Singapura dan Dubai. Kedua kantor ini memiliki karakter pasar yang berbeda, untuk Asia Pasifik kapal-kapal yang dibutuhkan lebih untuk melayani komoditas refined products. Sementara untuk pasar Timur Tengah yang dipasarkan lebih banyak komoditas mentah.
 
Rebranding ini, kata Yoki, juga memberikan kepastian kepada mitra kerja dalam menjalin kesepakatan sesuai dengan struktur dan area kerja sama.
 
"Selain itu kami juga melihat PIS AP merupakan salah satu engine pertumbuhan, jadi kami akan lebih memacu anak usaha kami ini untuk berkompetisi di level internasional," tambahnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan