Ilustrasi penumpang KRL. Foto: Dok istimewa
Ilustrasi penumpang KRL. Foto: Dok istimewa

Celah Kreatif Dongkrak Kampanye Pemasaran di KRL

Eko Nordiansyah • 19 Juni 2024 22:05
Jakarta: Moda transportasi kereta rel listrik (KRL) dinilai memiliki jangkauan paling luas dan trafik pengguna paling tinggi. Menurut data PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) pada awal 2024, penggunaan KRL Jabodetabek tercatat mengalami peningkatan yang signifikan sepanjang tahun 2023.
 
Total volume penumpang mencapai lebih dari 290 juta, naik 35 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada hari kerja, rata-rata terdapat lebih dari 870 ribu penumpang, sementara di akhir pekan jumlahnya mencapai lebih dari 650 ribu, dengan total perjalanan mencapai 1.090 setiap harinya.
 
Marketing Director Alternative Media Group (AMG) Agung Prihambodo menyampaikan, dengan memanfaatkan tingginya volume pengguna KRL, frekuensi dan konsistensi perjalanan, serta waktu tunggu yang cukup panjang (dwell time), KCI, agensi periklanan, dan brand berpeluang untuk membangun brand awareness.

"Bahkan dukungan teknologi mutakhir, konsep dan penyampaian pesan yang kreatif serta kolaborasi antar kanal media akan memudahkan terciptanya relevansi, memberikan pengalaman unik dan meninggalkan kesan mendalam bagi audiens," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 19 Juni 2024.
 
Baca juga: Perusahaan Jasa Logistik Berperan di Tengah Tren Belanja Online

 
Agung menyebut, beberapa kiat yang bisa diterapkan untuk mendorong kesuksesan kampanye pemasaran dan keterlibatan target audiens di KRL. Pertama, kreativitas pada konsep dan desain iklan berperan penting dalam menarik perhatian audiens dan mendorong keterlibatan pengguna KRL.
 
Kedua, kolaborasi multiplatform menjadi salah satu faktor penting yang berkontribusi besar terhadap keberhasilan kampanye pemasaran. Melalui kolaborasi, kampanye tidak hanya akan hadir di satu tempat, namun bisa merambah ke stasiun dan lokasi sekitarnya, media sosial, hingga ke aplikasi digital.
 
"Jangan lupa, area di sepanjang atau sekitar perlintasan KRL juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan pengiklan untuk menyampaikan pesan yang lebih luas lagi. Iklan pada bagian luar badan KRL (body branding) dengan desain yang atraktif akan memberikan pemandangan tidak biasa," ungkapnya.
 
Selain itu, memilih mitra periklanan media luar griya (MLG) yang tepat dan berpengalaman juga menjadi faktor yang dapat mendorong keberhasilan kampanye.  AMG menawarkan layanan solutif untuk mendukung strategi pemasaran kreatif mencakup penempatan iklan strategis, desain kreatif, dan analisis efektivitas kampanye.
 
"Kami membantu pengiklan mulai dari pengembangan konsep hingga implementasi pemasaran. Selain di KRL, dominasi inventaris AMG juga tersebar di gedung perkantoran, apartemen, rumah sakit, lifestyle, ruas jalan strategis hingga sarana transportasi publik seperti bandara, Transjakarta dan transportasi online," ujar Agung.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan